Anggota DPRD Konawe Resmi Dilantik, Ardin dan Tajuddin Jadi Pimpinan Sementara

Penyerahan palu pimpinan sidang sementara, kepada H. Ardin (foto: Mas Jaya / tribunkonawe.com)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe periode 2019-2024 resmi dilantik, Senin (2/9/2019). Pengambilan sumpah jabatan 30 legislator tersebut dipimpin oleh Kepala Pengadilan Negeri Unaaha, Febrian Ali.

Seremoni pelantinan dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara yang juga merupakan mantan Bupati Konawe dua periode, Lukman Aboenawas. Turut hadir pula Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wakilnya, Gusli Topan Sabara, serta unsur pejabat tinggi Konawe lainnya.

Pada momen tersebut tampak beberapa anggota DPRD Konawe periode 2014-2019 hadir di ruang sidang. Mereka masih menempati kursi anggota dewan yang terhormat, sebelum akhirnya kursi mereka diberikan kepada anggota dewan terpilih untuk dijabat lima tahun ke depan.

Ke-30 anggota dewan tersebut diangkat berdasarkan SK Gubernur Sultra, Nomor 407 tahun 2019 tertanggal 29 Agustus 2019. Dari 30 anggota dewan yang dilantik, 19 diantaranya merupakan wajah baru. Sedangkan 11 sisanya adalah anggota dewan yang telah menjabat sebelumnya.

Pengambilan sumpah jabatan 30 anggota DPRD Konawe oleh Kepala Pengadilan Negeri Unaaha, Febrian Ali.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat membacakan sambutan Gubernur Sultra, Ali Mazi berharap adanya sinergi antar sesama anggota dewan yang baru saja dilantik. Menurutnya, warna boleh beda tapi visi untuk membangun Konawe haruslah sama.

Secara pribadi Kery mengungkapkan, peristiwa pelantikan kali ini mengingatkan dirinya terhadap peristiwa 10 tahun lalu saat ia pertama kali menjabat anggota DPRD. Hingga kemudian ia menjadi ketua DPRD dan akhirnya kini menjabat sebagai bupati.

“Konawe adalah pusatnya Sultra. Kita bersyukur hari ini ada orang Konawe yang jadi Wakil Gubernur. Ke depannya Gubernur harus dari Konawe juga,” tegas Kery.

Wagub Sultra, Lukman Abunawas bersama Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat memberikan ucapan selamat kepada anggota dewan yang baru saja dilantik.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan palu pimpinan sementara anggota DPRD Konawe. Ardin yang sebelumnya menjabat Ketua DPRD Konawe, ditetapkan sebagai ketua sementara. Sementara wakil ketua sementara dipercayakan kepada Tajuddin Dongge. Penetapan pimpinan defenitif DPRD Konawe akan dilakukan setelah semua perangkat dewan rampung.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here