Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Bupati Konawe Siagakan Petugas di Morosi

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (tengah) saat memimpin rapat pembahasan terkait antisipasi penyebaran virus Corona di Konawe (foto: Mas Jaya / Tribunkonawe.com)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menggelar rapat terpadu bersama sejumlah instansi, Senin (27/1/2020). Rapat koordinasi itu digelar untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona di Konawe melalui area industri di Kecamatan Morosi.

Usai rapat Kerymengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Gubernur Sultra terkait masalah tersebut. Dari gubernur ia telah mendapatkan informasi kalau Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara telah melakulan antisipasi melalui jalur udara di bandara.

“Tadi malam sudah lapor gunernur. Katanya kalau jalur udara itu aman,” ujarnya kepada awak media.

Namun, bupati dua periode ini juga langsung menimpali kalau kehadiran tenaga Keria Asing (TKA) asal Tiongkok di Morosi tidak melulu lewat udara. Akan tetapi, ada juga yang ditengarai lewat jalur laut yang datang secara ilegal.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu memaparkan, berdasarkan data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, jumlah TKA Tiongkok di PT VDNI saat ini sebanyak 744 orang. Namun ia menduga jumlahnya ada ribuan, karena ada pendatang ilegal.

“Kemarin saya dapat informasi, katanya sudah ada gejala-gejala (virus Corona, red),” jelas Kery yang belum bisa memastikan kebenaran informasi tersebut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut lanjut Kery, ia telah memerintahkan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan TNI/Polri untuk siaga di Puskesmas Bondoala dan Morosi yang merupakan wilayah terdekat dari PT VDNI.

Kery juga mengaku telah berkomunikasi dengan pihak RSU Bahteramas Kendari. Menurutnya pihak RS telah menyiapkan ruang karantina jika nanti ada yang terkena gejala terjangkiti virus Corona.

“Saya bilang (kalau ada yang terjangkiti, red) jangan bawa di (rumah sakit, red) Konawe. Di Bahteramas saja,” tutup Kery.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here