Balita 1,5 Tahun Asal Unaaha Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Jubir Tim Covid-19 Konawe, dr. Dyah Nilasari saat memberi keterangan pers, didampingi Kadis Kesehatan Konawe, drg. Mawar Taligana.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Gugus Tugas Tim Percepatan Penanganan Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) Konawe kembali merilis informasi terkini, Minggu (26/04/2020), pukul 19.00 Wita.

Melalui juru bicara, dr. Dyah Nilasari mengungkapkan, satu pasien positif Covid-19, anak laki-laki usia 1,5 tahun yang menjalani perawatan di RS Bahteramas dinyatakan sembuh. Ia merupakan warga Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe.

“Anak ini dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan swab sebanyak dua kali. Saat ini, ia sudah diperbolehkan pulang dari ruang isolasi rumah sakit Bahteramas Kendari,” ujarnya melalui pers rilis.

Sementara untuk tiga kasus positif Covid-19 lainnya lanjut Nila (sapaan akrabnya, red), masih menjalani perawatan. Satu di rumah sakit Bhayangkara. Sedangkan dua lainnya di rumah sakit Bahteramas. Kedua pasien di Bahteramas merupakan suami istri dan juga sekaligus orang tua dari balita positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh tersebut.

Selanjutnya, dokter spasialis radiologi itu menerangkan, terdapat dua kasus orang tanpa gejala (OTG) di Konawe. Keduanya berjenis kelamin perempuan. Masing-masing berusia 19 dan 29 tahun. Mereka berasal dari Kecamatan Pondidaha.

Untuk tindakan yang akan dilakukan, kedua OTG tersebut akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Rapid tes bakal dilakukan untuk memastikan status selanjutnya terhadap mereka.

“Temuan OTG diketahui setelah dilakukan penelusuran berdasarkan informasi dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Kendari. Hasilnya, didapatkan lima OTG dari Konawe. Namun baru dua yang kemudian memasuki wilayah Konawe,” terangnya.

Sedangkan untuk tiga OTG lainnya, dipastikan belum memasuki wilayah Konawe. Satgas Covid-19 yang melakukan pendataan terhadap ketiga OTG, menyatakan bahwa ketiganya berjenis kelamin laki-laki.

OTG pertama, berusia 29 tahun. Ia terdeteksi saat ini berada di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah dan belum kembali ke Konawe.

OTG kedua, berusia 22 tahun. Diketahui, setelah tiba di Kendari, yang bersangkutan langsung melakukan pelayaran ke Lombok.

OTG ketiga, berusia 23 tahun. Hingga saat ini lelaki tersebut belum diketahui keberadaannya akibat kehilangan kontak. Saat ini, tim Covid-19 Konawe tengah bekerjasama dengan Dinas Catatan Sipil Konawe untuk menelusuri yang bersangkutan.

“Kalau ada masyarakat yang mengenal dan mengatahui keberadaan MM, lelaki berusia usia 23 tahun yang berasal dari Bandung, segera melaporkan ke Dinas Kesehatan ataupun ke pemerintah kecamatan terdekat,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here