Beraksi di Konawe, Pelaku Curanmor Asal Koltim Diringkus Timsus Brutal Crime

Tersangka J (membelakang) saat diinterogasi aparat kepolisian.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Pemuda berinisial J(23) warga Kecamatan Poli Polia, Kabupaten Kolaka Timur kembali berurusan dengan aparat kepolisian. Hal itu setelah dirinya ketahuan melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kecamatan Lambuya, Kabupaten Konawe.

Kasat Reskrim Polres Konawe, Iptu Rachmat Zam Zam, melalui Kepala Urusan Pembinaan dan Oprasional (Kaurbin Ops) Iptu Asriady mengungkapkan, Selasa (19/11/2019) unit Reskrim Polsek Lambuya menerima laporan warga, Sapriansyah (24). Pelapor mengaku telah kehilangan sepeda motor miliknya.

Saat itu korban tengah memarkir sepeda motor Yamaha Jupiter miliknya di depan rumah samping Indomaret, Senin (18/11/2019), sekira pukul 20.30 wita. Saat itu, pelaku yang melintas langsung mengambil sepeda motor korban.

Saat akan melakukan tindakan penangkapan, Kanit Reskrim Polsek Lambuya menghubungi kasat Reskrim Polres Konawe IPTU Rachmat Zam Zam. Selanjutnya, Polres Konawe menurunkan timsus Brutal Crime Res mengejar tersangka ke Kolaka Timur.

Timsus Brutal Crime bersama Tim dari Unit Reskrim Polsek Lambuya langsung menuju Kecamatan Poli Polia. Timsus saat itu juga ditemani anggota Polsek Ladongi ketika mendatangi Rumah tersangka.

“Pelaku berhasil kami ringkus di rumahnya bersama barang bukti,” tutur Asriady.

Dua unit sepeda motor hasil kejahatan J di Kecamatan Lambuya dan Onembute, Kupaten Konawe.

Barang bukti (BB) yang diamankan, yakni berupa satu unit motor Yamaha Jupiter Z1 warna biru dengan nomor Polisi DT 6512 PA. Pelaku bersama BB-nya langsung dibawa ke Mapolres Konawe untuk dilaksanakan pemeriksaan dan pengembangan.

“Untuk BB BB lainnya, berupa sepeda motor Honda Beat warna Hitam sudah diamankan terlebih dulu di Polsek Onembute,” tambahnya.

Untuk diketahui, pelaku merupakan residivis Pasal 480, penadah barang curian. Pelaku baru saja keluar dari penjara pada September 2019 lalu.

Untuk penyidikan kasus curanmor ini, kata Asriyady, ditangani oleh Polsek Lambuya dan Polsek Onembute. Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 363 dengan ancaman kurungan selama tujuh tahun penjara.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here