Besok, Sejumlah Dubes dan Organisasi Internasional ke Konawe

Foto bersama tim Liaison Officer (LO) dari Biro kerjasama luar Negeri Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe, Muh. Akbar saat berkunjung ke Kampung Sagu di Desa Labela (foto: Mas Jaya / tribunkonawe.com)

 

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara menjadi salah daerah tujuan di laksanakannya Hari Pangan Sedunia (HPS). Sejumlah Duta Besar (Dubes) dan organisasi internasional diagendakan bakal menyambangi Kampung Sagu yang terletak di Desa Labela, Jumat (1/11/2019).

Liaison Officer (LO) dari Biro kerjasama luar Negeri Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Sagu Yurika Arianti Permanasari mengatakan, bahwa persiapan HPS sudah lebih dari 95 persen. Ia menegaskan, hanya tinggal menunggu pelaksanaan acaranya saja.

Yurika juga menambahkan, pihaknya juga telah meliha bagaimana kesiapan pelaksanaan HPS di Konawe. Menurutnya, Kampung Sagu di Desa Labela akan akan menjadi salah satu destinasi yang bakal dikunjungi oleh tetamu manca negara dalam program diplomatic tour.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat melihat persiapan HPS di Kampung Sagu (foto: Mas Jaya / tribunkonawe.com)

Ia menerangkan, hingga saat ini informasi yang pihaknya terima ada 25 tamu luar negeri yang akan berkunjung ke Konawe. Mereka, antara lain 16 orang dari kedutaan negara sabahat. Peserta lainnya adalah perwakilan organisasi internasional yang berkedudukan di Indonesia.

“Untuk Dubesnya sendiri ada sekitar delapan orang. Ditambah orang kedua setingkat Dubes,” terangnya.

Yurika menjelaskan, kegiatan diplomatic tour dilakukan sebagai salah satu rangkaian HPS. HPS sendiri diperingati sebagai hari ulang tahun dari Organisasi Lembaga Pangan dan Pertanian PBB, yakni Food and Agriculture Organization (FAO).

Di Indonesia sendiri Pelaksanaan HPS ini sudah dilaksanakan selama 39 kali. Sedangkan ditingkat internasional, peringatan HPS sudah memasuki tahun ke-74.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sultra baik itu dari Pemerintah Kota maupun Pemerintah Kabupaten Konawe dan Konawe Selatan (Konsel) yang telah berpartisipasi memberikan kontribusi aktif dalam penyiapan penyelenggaraan HPS ke 39 tahun 2019,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here