Bongkar Kasus Pungli Penerimaan Calon TKL, Polres Konawe Mulai Tetapkan Tersangka

Dua banner tampak terpampang di ruang pemeriksaan Reskrim Polres Konawe. Isinya adalah ajakan untuk melawan korupsi dan pungli.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Kasus pungutan liar (pungli) dalam penerimaan calon tenaga kerja lokal (TKL) di PT VDNI dan PT OSS telah menjadi rahasia umum. Korbannya pun tidak sedikit.

Para calon TKL ketika hendak melamar kerja, bisa dibilang untung-untungan. Ada yang menyetor uang ke oknum calo dan berhasil bekerja. Namun, ada juga yang terpaksa urut dada ketika uang telah disetor, tetapi nama tak kunjung dipanggil untuk bekerja.

Mendapati banyaknya aduan, Polres Konawe pun mulai membongkar praktik pungli tersebut. Bahkan pihaknya, menginformasikan agar para calon TKL yang jadi korban pungli agar melapor.

Hasilnya, polisi pun kini telah berhasil menetapkan satu calon tersangka pada kasus tersebut. Hal itu diungkapkan Kasat Reskrim Polres Konawe, AKP M Jacob N Kamaru melalui Kanit I Ipda Surya Dwi A.G.

“Kami sudah memegang satu nama calon tersangka yang ditetapkan,” ujarnya kepada awak media.

Surya menerangkan, yang bersangkutan saat ini sudah dua kali diperiksa. Untuk alat bukti, polisi juga sudah memegang rekening koran milik calon tersangka yang kerap digunakan untuk bertransaksi.

“Perkembangan kasus sudah dalam tahap penyidikan,” jelasnya.

Surya juga menambahkan, tidak menutup kemungkinan akan ada nama lain yang terseret dalam kasus itu. Pihaknya masih akan terus melakukan pendalaman.

“Kami juga meminta, jika ada calon tenaga kerja yang merasa menjadi korban, diharapkan untuk melaporkan ke Polres Konawe,” imbaunya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here