Cegah Stunting, Pemdes Punggaluku Buat Kolam Ikan untuk Warganya

Kades Punggaluku, Harudin.

TRIBUN KONAWE: BESULUTU – Pemerintah Desa (Pemdes) Punggaluku, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe punya cara inovatif untuk mencegah Stunting di wilayah kerjanya. Salah satunya, yakni dengan membuat kolam ikan untuk warganya.

Kepala Desa (Kades) Punggaluku, Harudin mengungkapkan, tujuan pembuatan kolam ikan untuk warga adalah untuk mencegah Stunting. Kolam tersebut ada untuk memenuhi salah satu kebutuhan pangan warga, yakni kebutuhan lauk.

Proses pembuatan kolam ikan untuk warga.

“Stunting ini adalah penyakit yang muncul akibat kekurangan gizi. Kita memberi kemandirian kepada warga untuk memelihara ikan di rumah lewat program bantuan pembuatan kolam ini,” ujarnya.

Harudin menjelaskan, dalam program tersebut pihaknya meyiapkan kolam bak berukuran 2,5 kali 1,5 meter, mesin pompa oksigen, bibit ikan hingga pakannya. Untuk tahap pertama 2021, kolam yang dibuat baru 14, dari total 26 yang ditarget.

“Tahun lalu kami buat 34 kolam. Target kami semua kepala keluarga bisa punya masing-masing kolam di rumahnya,” jelasnya.

Lanjut Harudin, program pembuatan kolam itu sendiri merupakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Proses pengerjaannya melibatkan warga desa. Mereka dapat upah dari pengerjaan kolam tersebut.

Foto bersama Pemdes Punggaluku dan relawan Covid-19.
Proses pendataan SDGs.
Penyaluran BLT Desa Punggaluku.

Harudin menambahkan, selain pembuatan kolam kata Harudin, pihaknya juga telah menyelesaikan program lainnya untuk tahap pertama 2021 ini. Antara lain, pendataan SDGs, program pencegahan Covid-19, pembagian BLT kepada 8 KPM (janda tua), serta penyelesaian sumur bor masyarakat melalui dana BUMDes.

“Untuk program Covid-19, kami telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum, serta melakukan pengadaan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan perlengkapan lainnya,” pungkasnya.

APBDes Punggaluku.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here