Ciptakan Desa Pangan Aman, BPOM Gandeng Pemdes Lalousu

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Kendari menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keamanan Pangan Desa, di Desa Lalousu, Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (24/8/2021).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menciptakan desa pangan aman. Agendakan akan berlangsung selama dua hari di aula desa.

Pembukaan kegiatan di hadiri Camat Wonggeduku, Babinkamtibmas, kepala desa (Kades) serta warga pelaku pangan usaha pangan olahan di Desa Lalousu.

Kades Lalousu, Sutarno saat ditemui disela-sela kegiatan mengucapkan apresiasi kepada BPOM yang telah mempercayakan desanya sebagai tempat Bimtek. Hal itu kata dia, tidak lepas dari banyaknya pelaku usaha mikro yang berbasis pangan olahan.

“Kenapa desa kami jadi sasaran Bimtek itu karena di sini banyak usaha mikro yang di jalankan warga berupa pangan olahan. Mulai dari pembuatan tahu, tempe, aneka kripik, bakso, siomay dan usaha lainnya,” ujarnya.

Sutarno menjelaskan, kegiatannya nanti akan berlangsung dua hari. Hari Selasa dan hari Kamis (26/8/2021). Untuk hari pertama warga pelaku usaha akan diberikan pengetahuan seputar pangan yang aman.

Kades Laousu, Sutarno

“Untuk hari kedua nanti akan praktik bagaimana membuat pangan olahan yang aman untuk kesehatan,” jelasnya.

Sutarno berharap, 26 warga yang ikut kegiatan bisa menjadi kader keamanan pangan desa yang mumpuni. Sehingga nanti, ilmunya bisa ditularkan kepada pelaku usaha pengolahan pangan lainnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here