Data Terbaru KPU: Pemilih Konawe Berjumlah 167.814 Jiwa

Ketua KPU Konawe, Muh. Azwar saat menyarahkan berita acara hasil rapat pleno DPTb kepada Ketua Bawaslu Konawe, Sabda (foto: Mas Jaya / TRIBUNKONAWE.COM)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe menggelar rapat pleno terbuka, rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), Senin malam (18/2/2019). Hasilnya, menetapkan jumlah pemilih Konawe sebanyak 167.814 jiwa.

Ketua KPU Konawe, Muhammad Aswar menuturkan, pihaknya sebelumnya telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) ke-2. Totalnya mencapai 167.836 jiwa. Namun saat pleno DPTb, jumlahnya berkurang.

“Jumlah pemilih dari data DPTHP kedua ke DPTb cenderung turun. Berkurang dua puluh dua pemilih,” ujar Azwar usai memimpin rapat.

Pria yang gemar bermusik ini menerangkan,
penurunan jumlah pemilih dikarenakan adanya pemilih yang keluar dari Konawe. Jumlahnya mencapai 180 jiwa. Di sisi lain, ada pemilih yang masuk ke Konawe yang berjumlah 158 pemilih.

Berdasarkan data yang diperoleh KPU, jumlah pemilih masuk tersebar di-27 Kecamatan, 46 desa dan 52 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 27. Sementara pemilih keluar tersebar dari 100 desa di-108 TPS.

“Data ini belum final. Masih akan ada validasi data pemilih selanjutnya dan akan ditetapkan Maret mendatang,” terangnya.

Azwar juga menyampaikan agar para PPK dan PPS memantau perkembangan jumlah pemilih. Sejauh ini, titik pantau persebaran pemilih menurut Aswar telah dilakukan. Seperti di Kecamatan Morosi yang masuk wilayah perusahaan.

“Untuk daerah Morosi kami sudah lakukan antisipasi apabila nanti bertambah ataupun berkurang jumlah pemilihnya,” tandasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here