Disporapar Konawe Jaring Paskibraka Nasional

Kadisporapar Konawe, Muhammad Nur (tengah) saat memberikan keterangan pers.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Konawe mulai melakukan penjaringan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional tahun 2022.

Saat ini, pihak Disparpora telah mengantongi 50 peserta. Mereka berasal dari Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan yang menjalani seleksi selama 2 hari. Seleksi Paskibraka tersebut, melibatkan tim seleksi dari TNI dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Kepala Disporapar Konawe, Muhammad Nur menyampaikan, dari 50 peserta seleksi, pihaknya akan memilih dua peserta terbaik. Dua orang tersebut nantinya akan dikirim ke provinsi untuk diseleksi lagi untuk ke tingkat nasional.

“Sejumlah tes dilaksanakan untuk menentukan peserta yang terbaik, mulai dari tes kesehatan, jasmani dan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Kemudian ada juga tes wawancara,” jelasnya.

Lanjut Muhammad Nur, pihaknya akan betul-betul menyeleksi peserta Paskibraka nasional tahun ini. Menurutnya, selain kesehatan jasmani, ilmu pengetahuan juga harus diutamakan untuk lolos ke tahap selanjutnya.

“Wajib memiliki pengetahuan umum, wawasan kebangsaan, sosial budaya, sejarah dan seni termaksud kearifan lokal daerah wajib di kuasai peserta seleksi untuk ke tingkat selanjutnya,” terangnya.

Ia berharap, perwakilan Paskibraka Konawe bisa unjuk gigi ke tingkat Nasional. Terakhir, perwakilan Konawe mampu ke tingkat nasional pada tahun 2015 lalu.

” Tahun 2015 lalu itu, siswa asal SMAN 1 Uepai, atas nama Muhammad Faisal, tembus untuk mewakili Sultra saat upacara 17 Agustus di istana presiden,” tandasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here