DPRD Konawe Kenalkan Program “Aspirasi Jaman Now”

Sekretaris DPRD Konawe, Sumanti

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Sekretaris Dewan (Sekwan) di DPRD Konawe, Sumanti membuat program inovasi yang digagas dalam Proyek Perubahan PKN II Angkatan VIII, Makassar. Proyek inovatif tersebut diberi nama “Aspirasi Jaman Now.”

Sumanti dalam acara sosialisasi program tersebut di hadapan awak media menuturkan, program tersebut merupakan yang pertama di Konawe. Tujuannya adalah untuk memudahkan proses komunikasi antara masyarakat dan anggota DPRD Konawe.

“Aspirasi Jaman Now ini akan hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses masyarakat Konawe secara online,” ujarnya dalam sebuah konfrensi pers, Selasa (18/8/2020).

Wanita yang akrab disapa Tati ini menjelaskan, nantinya masyarakat bisa masuk ke aplikasi tersebut. Selanjutnya dia bisa melakukan pengaduan terkait sesuatu yang terjadi di wilayahnya.

“Misalnya tentang jalan rusak, program bantuan dan aspirasi lainnya yang bisa diselesaikan di dewan,” jelasnya.

Lanjut Tati, agar aplikasi tersebut tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, maka setiap warga yang mengadu akan diverifikasi lewat Nomor Induk Kependudukannya.

“Dengan demikian kami bisa yakin bahwa orang yang tengah menyalurkan aspirasinya itu adalah betul-betul warga Konawe yang tinggal di Dapil tertentu, sesuai NIK-nya,” terangnya.

Setelah aspirasi masuk ke aplikasi, operator akan melakukan filter. Kemudian laporan tersebut akan dilanjutkan ke masing-masing Dapil dan komisi yang berwenang.

“Dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi datang jauh-jauh mengadu atau bahkan berdemontrasi. Aspirasinya bisa langsung disampaikan diaplikasi dan akan langsung kami tindaklanjuti,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here