Etos Kerja TKA China di PT VDNI Tuai Pujian Warga

TKA dari VDNI saat mengerjakan jalan beton di area pemukiman warga.

TRIBUN KONAWE: MOROSI – Etos kerja tenaga kerja asing (TKA) PT Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI) membuat masyarakat lokal melongo. Pasalnya, pekerja dari Tirai Bambu itu sanggup mengerjakan jalan beton sepanjang 1,5 Kilometer hanya dalam dua hari saja. Hal itu pun mendapat banyak pujian dari masyarakat dan warganet.

Banjirnya pujian warganet terhadap TKA China terjadi setelah akun Facebook bernama Queto Agatha meposting aktifitas mereka. Pada postingannya yang mengatakan bahwa “Inilah realita TKA yang didatangkan dari China karena profesi tenaga ahlinya”. Postingan itu disertai dengan postingan gambar para TKA sedang mengerjakan jalan beton di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Postingan Queto Agatha yang awalnya menyudutkan TKA, malah mendapatkan komentar positif dari warganet. Salah satunya dari akun bermana Galih Jhy mengatakan, mau tenaga ahli atau tidak setidaknya jalan sudah dibeton.

“Dari pada tunggu pemerintah, itu TKA setelah dapat perintah dari perusahaan langsung kerja dan hanya waktu dua hari mereka sudah selesaikan beton jalan. Masyarakat nikmati hasilnya dan jalan tidak berdebu lagi,” tulisnya dalam komentar.

Akun yang memuji kinerja TKA China PT VDNI, selanjutnya bernama Rizal Ijal yang mengatakan para TKA China kalau bekerja sangatlah kuat. Tak mengenal waktu dan konsisten dalam menyelesaikan pekerjaannya.

“Tidak mengenal panas,l dan tenaga TKA China luar biasa. Ini tidak bisa dipungkiri lagi,” tulisnya dalam kolom komentar.

Akun bernama Ruslan juga berkomentar positif tentang kinerja TKA China. Dirinya mengaku bersyukur atas keberadaan PT VDNI. Karena dengan adanya Mega Industri itu kita mendapatkan dampak positifnya.

“ China luar biasa dan kita harus bersyukur atas keberadaan perusahaan,” katanya.

Tak hanya Warganet, masyarakat sekitar juga memuji kerja TKA yang sangat cepat. Seperti yang disampaikan Syarif warga Desa Wonua Moringi, Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe. Ia mengatakan dirinya sangat kaget pekerjaan jalan beton sepanjang 1,5 Kilometer itu bisa selesai hanya Dua hari saja.

“Mereka mulai itu dari hari Kamis (23/12/21) dan selesai besoknya. Dan mereka bekerja tidak asal-asalan karena beton yang mereka kerja kualitasnya sangat bagus,” katanya.

Pria yang sehari-hari berdagang itu berterima kasih kepada pihak PT VDNI, karena telah mau mengerjakan jalan tersebut. Karena sehari-hari jalan tersebut sangatlah berdebu dan membuat masyarakat sekitar setiap hari harus bermandikan debu.

“Jalan ini kan sementara dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi Sultra, jadi berdebu. Tapi karena sudah dibeton, sama perusahaan pasti sangat membantu kami masyarakat yang tinggal di depan jalan,” katanya. (Mj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here