Fachry Konggoasa Fasilitasi Bimtek dan Bantu Benih ke Petani Tongauna dan Tongut

Penyerahan bantuan benih sayur kepada perwakilan kelompok tani, oleh Ketua Koordinator Rumah Aspirasi Fachry Konggoasa, Haryadi.

TRIBUN KONAWE: – Anggota Komisi IV DPR RI, Fachry Konggoasa kembali menurunkan bantuan aspirasinya. Kali ini dalam bentuk fasilitasi bimbingan teknis (Bimtek) dan batuan benih kepada petani di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (30/10/2021).

Ketua Koordinator Rumah Aspirasi Fachry Konggoasa, Haryadi menuturkan, Bimtek dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas para petani dan juga para pelaku usaha hortikulruta. Pesertanya diikuti warga dua kecamatan, yakin Tongauna dan Tongauna Utara (Tongut) sebanyak 80 orang.

Suasana pembukaan kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas petani.

Kegiatan itu menghadirkan pembicara dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi, serta pembicara dari Kementerian Pertanian. Turut hadir pula Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Konawe, Gunawan Samad, para Kepala Desa dan Camat Setempat. Kegiatannya, terpusat di Desa Olo Onua, Tongauna.

“Bimtek ini digelar untuk menambah kapasitas keilmuan para petani agar lebih produktif dalam mengelola usahanya,” ujar pria yang akrab disapa Adi itu.

Adi juga menambahkan, selain kegiatan Bimtek, Fachry juga membagikan sejumlah benih kepada warga. Antara lain, bibit cabai, bayam, sawi dan kacang panjang. Bantuan itu diterima enam kelompok tani. Empat kelompok dari Tongut dan dua kelompok dari Abuki.

Pria yang menjabat sebagai Anggota DPRD Konawe itu menerangkan, kegiatan tersebut seyogyannya akan dihadiri langsung oleh Fachry. Akan tetapi, pada waktu yang sama Fachry sedang ada agenda lainnya yang urgen di Komisi IV DPR RI.

Para peserta Bimtek peningkatan kapasitas petani.

“Makanya saya yang dipercayakan untuk membuka Bimtek dan sekaligus membagikan batuan kepada para petani. Saya hadir dalam kapasitas Ketua Koordinator Rumah Aspirasi Fachry Konggoasa dan juga sebagai bentuk sinergitas antara DPR RI dan DPRD Konawe,” terangnya.

Adi juga mengingatkan pesan dari Fachry, agar warga Konawe dan Sultra yang membutuhkan bantuan di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan agar dikomunikasikan dengan Rumah Aspirasi Fachry Konggoasa.

“Nanti aspirasinya akan kami tampung dan diupayakan untuk direalisasikan,” pungkasnya.

Foto bersama para penerima bantuan benih sayur bantuan dari Fachry Konggoasa.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here