Forum PKP Konawe Segera Terbentuk: Gagas Program Kota Tanpa Kumuh di Unaaha

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Forum Pengembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman atau Forum PKP Kabupaten Konawe bakal segera terbentuk. Forum tersebut punya program kerja yang berfokus pada program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Rapat perdana pembentukan Forum berlangsung di Unaaha, Rabu (7/7/2021). Rapat tersebut dihadiri sejumlah unsur berbeda, yakni perwakilan dari akademisi, perbankan, warga, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan awak media.

Koordinator Kabupaten Forum PKP, Ridwan menuturkan, Forum PKP merupakan wadah atau tempat pertemuan untuk membicarakan kepentingan bersama dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan pemukiman.

Adapun unsur yang tergabung dalam Forum PKP meliputi: 1) instansi pemerintahan yang terkait dalam bidan PKP; (2) asosiasi perusahaan penyelenggara PKP; (3) asosiasi profesi penyelenggara PKP; (4) asosiasi perusahaan barang dan jasa mitra usaha PKP; (5) pakar di bidang PKP, (6) LSM dan atau yang mewakili konsumen yang berkaitan dengan penyelenggara pembangunan PKP.

Lanjut Ridwan, untuk penyelenggara kelompok kerja (Pokja) PKP dilakukan oleh pemerintah. Pokja PKP murni hanya berisikan unsur organisasi perangkat daerah (OPD), baik dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten.

“Pokjanya dilakukan pemerintah, namun tetap melibatkan peran masyarakat. Peran masyarakat dilakukan dengan membentuk Forum PKP ini,” jelasnya.

Adapun fungsi Forum PKP kata Ridwan, ada lima poin: (1) menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat; (2) membahas dan merumuskan pemikiran PKP; (3) meningkatkan peran dan pengawasan masyarakat; (4) memberi masukan ke pemerintah pusat dan daerah; (5) melakukan peran arbitrase dan mediasi.

“Kita ingin, hadirnya PKP di Konawe ini bisa membantu masyarakat dalam hal pendapatan air bersih, rumah layak huni dan sejumlah hal lainnya guna membentuk kota tanpa kumuh,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here