Gerak Cepat Kades Kasukia, Bangun Jalan Usaha Tani Hingga Bagi-Bagi Tempat Cuci Tangan dan Masker

Kades Kasukia, Risal saat membagikan galon tempat cucu tangan program penanggulangan Covid-19.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Pemerintah Desa Kasukia, Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe langsung gerak cepat setelah pencairan dana desa (DD) tahap satu. Lalu, program apa yang langsung dikerjakan, Risal selaku Kepala Desa (Kades) Kasukia? Berikut ulasannya.

Saat ditemui awak media, Jumat (30/4/2021), Risal menuturkan, sejak Indonesia dilanda Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), anggaran DD tahun sebelumnya lebih banyak dipakai untuk penanggulangan akibat wabah Covid-19. Misalnya kegiatan pemberdayaan masyarakat. Namun, kali ini pihaknya telah mengadakan kegiatan fisik.

Petugas Covid Desa Kasukia saat membagikan galon tempat cuci tangan kepada warga.

Risal menerangkan, kegiatan fisik yang dilakukan berupa pengerjaan jalan usaha tani (JUT). Program tersebut dikerjakan sistem padat karya dengan melibatkan 52 warga Desa Kasukia.

Kades yang menyandang gelar sarjana hukum itu menerangkan, pembangunan JUT itu sepanjang 863 meter. Itu sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB). Yang mana, jalan yang dirabat atau dipelur sepanjang 63 meter. Sementara 800 meter lainnya akan ditimbun menggunakan pasir batu.

Kades Kasukia saat meninjau pengerjaan jalan usaha tani di desanya.

“Kita juga masih ada program fisik lainnya berupa pengerjaan deker dan drainase,” ujarnya.

Sementara untuk program pemberdayaan terkait penaggulangan Covid-19, sejauh ini kata Risal programnya terealisasi dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT). Selain itu ada juga belanja untuk keperluan Covid, berupa alat pelindung diri (APD) dan masih banyak lagi.

Warga Kasukia saat ikut dalam program padat karya pengerjaan jalan usaha tani di desanya.

“Hari ini kami juga membagikan galon tempat cuci tangan untuk setiap kepala keluarga dan juga masker. Hal ini kami lakukan sebagai bentuk dukungan desa kasukia dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Konawe,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here