GTS Pantau Situasi Terkini VDNI Park, Hingga Ziarah ke Makam Sangia Haluoleo

GTS saat meninjau tempat timbangan yang rusak akibat amukan massa beberapa waktu lalu. Tampak ia sedang berbincang-bincang dengan salah seorang sekuriti yang berjaga.

TRIBUN KONAWE: MOROSI – Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara (GTS) melakukan peninjauan lapangan setelah insiden kerusuhan di PT VDNI Park, Sabtu (19/12/2020). Kunjungan yang dilakukan untuk memastikan kondusifitas kerja di mega industri tersebut, pascakerusuhan yang terjadi, Selasa (15/12/2020).

Orang nomor dua Konawe itu menyambangi beberapa warga yang menjadi pelaku usaha di area industri, seperti pasar China. Dari keterangan warga, GTS mendapati informasi kalau warga baru membuka usahanya sehari hingga tiga hari pasca insiden.

Kepada GTS warga juga mencurahkan harapan mereka supaya kondisi di VDNI Park tetap kondusif. Sebab, hal yang belum lama ini mereka alami dirasa sangat meresahkan.

“Semoga jangan lagi terjadi kekacauan seperti kemarin. Karena sangat mengganggu, terutama kami kami ini yang sedang berjualan,” harapnya.

GTS saat menyambangi salah satu tempat usaha warga.

GTS juga menyambangi pos keamanan di pintu masuk VDNI. Di sana ia berbincang-bincang dengan sejumlah sekuriti dan aparat kemananan lainnya yang masih berjaga-jaga.

Setelah itu GTS melanjutkan perjalanannya ke tempat-tempat telah dirusaki massa saat insiden terjadi. Salah satunya, yakni tempat penimbangan. Tempat itu menjadi salah satu sasaran amukan massa saat insiden terjadi. Perjalanan pun kemudian dilanjutkan ke jetty (dermaga). Di sana GTS melihat aktivitas yang sudah berjalan normal.

Hasil kunjungannya itu GTS menyimpulkan kalau situasi sudah benar-benar kondusitf. Aktivitas industri sudah berjalan normal. Pihak perusahaan pun tengah membenahi kerusakan-kerusakan yang terjadi saat insiden terjadi.

“Kita lihat semuanya sudah berjalan normal. Harapan kami, apa yang terjadi kemarin tidak perlu terulang. Perusahaan ini adalah tempat menggantungkan hidup orang banyak. Sehingga ketika ada permasalahan, sampaikan ke pemerintah, biar kita mencari solusi terbaik tanpa harus ada insiden,” harap GTS.

GTS saat dalam sebuah diskusi ringan bersama warga di pendopo Makam Sangia Haluoleo. Mi

Usai berkeliling-keliling di area VDNI Park, GTS melanjutkan perjalanannya untuk ziarah ke Makam Sangia Haluoleo. Di sana pun GTS sudah ditunggu beberapa warga. Seperti biasa, ia pun langsung mengajak warga berdiskusi ringan terkait sejumlah permasalahan di Konawe.

Salah satu yang menarik adalah gagasan GTS terkait pembentukan divisi lokal di VDNI. Menurutnya, divisi itu menjadi penting adanya, guna mengakomodir masalah-masalah lokal yang terjadi, khususnya terkait budaya dan adat istiadat.

“Kalau divisi ini ada saya yakin setiap permasalahan bisa didudukan baik-baik. Hal itu akan sangat membantu perusahaan juga. Kita berharap gagasan ini bisa diterima pihak perusahaan,” pungkasnya.

Laporan: redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here