Gubernur Bakal Disambut Atraksi Kebal Tamalaki pada Pembukaan HUT Konawe

Atraksi ilmu kebal pada pertunjukan debus (ilustrasi)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Momen upacara pembukaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Kabupaten Konawe tahun ini bakal beda. Pihak panitia telah menyiapkan sejumlah pertunjukan yang tidak pernah ditampilkan tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu pertunjukan yang menarik yang akan dipersembahkan saat momen upacara pembukaan HUT adalah atraksi seni beladiri dari Tamalaki Konawe. Hal itu diungkapkan penanggungjawab pertunjukan, Ruslan.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Bidang Kebudayaan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe itu menuturkan, telah menyiapkan penyambutan khusus atas kehadiran Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Wakilnya Lukman Abunawas, serta pejabat lainnya.

“Jadi rombongan gubernur nanti akan kita sambut di gerbang (masuk kantor bupati, red) dengan tari Mondotambe. Kami sudah siapkan empat orang Morasa dan dua belas penari perempuan,” ujarnya.

Ilustrasi sosok prajurit Tamalaki Kerajaan Konawe (sumber: internet)

Setelah pertunjukan tari Mondotambe, gubernur dan rombongan akan di arak dari gerbang menuju tribun kehormatan oleh 40 orang Tamalaki. Selanjutnya, para Tamalaki akan mempersembahkan atraksi debus atau atraksi kebal.

“Saat tampil nanti pakai parang betulan dan akan menunjukan seni beladiri dan atraksi kebal. Seperti debus begutulah, ” terangnya.

Ruslan mengaku, pertunjukan ini merupakan yang pertama dilakukan di momen HUT Konswe. Ia mengaku, pihaknya ingin menghidupkan kembali seni tradisional yang ada di bumi Kalosara.

“Kita akan hidupkan lagi seni tradisional ini agar bisa dilihat generasi saat ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Tamalaki merupakan sebutan khusus untuk pasukan atau prajurit di zaman Kerajaan Konawe. Prajurit Tamalaki terkenal tangguh karena dianggap memiliki kesaktian seperti ilmu kebal.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here