Gubernur dan Bupati Konawe Awali Peletakan Batu Jalan Wisata Toronipa-Kendari

(kiri ke kanan) Gubernur Sultra, H. Ali Mazi dan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, saat meletakan batu pertama proyek pembuatan jalan wisata Toronipa-Kendari (foto: Mas Jaya/tribunkonawe.com)

TRIBUN KONAWE: SOROPIA – Pengerjaan jalan wisata yang menghubungkan pantai Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe dengan Kota Kendari resmi di mulai. Prosesi pembangunan diawali dengan peletakan batu pertama, Selasa (3/9/2019).

Peletakan batu pertama dilakukan Gubernur Sultra, Ali Mazi. Menyusul sejumlah pejabat tinggi Sultra lainnya. Tak ketinggalan kepala daerah tempat pelaksanaan pembangunan, yakni Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir.

Ketua Panitia Pelaksana Program, Abdul Rahim mengucapkan terimakasih kepada Kery dan Sulkarnain. Atas dorongan dari keduanya, proses izin pembangunan jalan menjadi lancar.

Pria yang juga menjabat Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Binamarga Sultra itu menerangkan, pembangunan jalan untuk tahun ini merupakan tahap pertama. Panjang jalur yang akan dibangun sekira 2,1 km. Anggarannya mencapai Rp144,99 M.

“Total panjang jalur yang akan dibangun sepanjang 14,6 km. Total anggarannya mencapai Rp2,8 T. Tapi akan ada efisiensi. Untuk pembangunan tahap keduanya akan dilakukan 2020 dan 2021,” jelasnya.

Menyambung laporan dari bawahannya, Ali Mazi menjelaskan, hasil hitung-hitungan efeisiensi akan telah memangkas anggaran pembangunan jalan wisata dari Rp2,8 M menjadi 1,1. Menuturnya, efisiensi terjadi karena adanya pengurangan lebar jalan dari yang awalnya direncanakan 40 meter jadi 27 meter.

“Selain itu, jalur jalan yang awalnya ada jalur sepanjang 5 km melewati wilayah laut, dialihkan ke wilayah di daratan. Makanya, penganggarannya bisa lebih efisien,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa memberikan apresiasi kepada Pemprov Sultra atas pengerjaan jalan wisata Toronipa Kendari. Ia berharap, program tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kalau Pemprov sudah mencoba fasilitas pendukung utama untuk kegiatan pariwisata, maka kami dari Pemda Konawe juga siap membenahi fasilitas pendukung lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti fasilitas kesehatan dan pendidikan,” jelas Kery.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menambahkan, sektor pariwisata di Konawe sangat potensial. Ia berjanji, pengembangan disektor tersebut akan terus dibenahi sebagaimana pembenahan di sektor prioritas lainnya.

“Bali Maju karena pariwisatanya, kita juga bisa melakukan hal yang sama. Makanya, dengan adanya dukungan yang kuat dari Pemprov akan sangat membantu. Kita optimis, muara dari semua ini nantinya akan kembali pada kesejahteraan masyarakat Konawe,” tandasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here