Gusli: Sawah Warga Akan Kita Asuransikan

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat ikut panen raya bersama anggota TNI di Kecamatan Lambuya beberapa waktu lalu (foto: istimewa / TRIBUNKONAWE.COM

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Berbagai terobosan terus digalakan Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe untuk menyukseskan program ‘Konawe Gemilang’. Salah satunya, yakni dengan memberikan asuransi terhadap lahan pertanian (sawah) warga.

Terobosan itu diungkapkan langsung oleh Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara. Menurutnya, sawah yang akan diasuransikan akan meliputi seluruh area persawahan produktif di Konawe.

“Untuk program ini kita akan bekerjasama dengan Jamkrindo (Jaminan Kredit Indonesia, red). Kita sudah estimasi untuk penganggarannya,” ujar Gusli.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu mengungkapkan, manfaat dari asuransi tersebut adalah untuk memberikan rasa aman terhadap petani. Sehingga, jika sewaktu-waktu terjadi gagal panen, warga tidak akan begitu merugi karena akan menjadi tanggungan pihak asuransi.

Selain untuk program asuransi lanjut Gusli, pihaknya juga akan menjalankan program pengadaan bibit unggul padi. Tak tanggung-tangung, Pemda akan menggelontorkan dana hingga Rp15 M selama tahun 2019 untik program tersebut.

Di samping itu, ada lagi program untuk mengantifkan lahan produksi persawahan. Jika misalnya petani tidak mengolah sawahnya, maka segera melapor ke UPTD Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura

“Biar nanti pihak dinas melalui penyuluh yang datang olah sawahnya. Ini kita lakukan agar tidak ada lagi lahan produktif yang tidur,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here