Ini Cara Pj Bupati Konsel Lestarikan Budaya Lokal dan Bangkitkan Geliat Ekonomi

Pj Bupati Konsel, Andi Tendri saat mengikuti senam pagi.

TRIBUNKONAWE: ANDOOLO – Wisata Kuliner (Wiskul) Andoolo yang biasanya dikunjungi untuk menikmati santapan kuliner, Jum’at (9/4/2021) berubah menjadi tempat senam pagi yang dipimpin Pj Bupati Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Andi Tendri.

Bukan hanya itu, alunan musik yang digunakan tidak seperti biasanya. Alunan musik Tolaki menjadi pilihan dalam kegiatan tersebut.

Suasan Senam Pagi di Wiskul Andoolo. (Foto Kadis Kominfo Konsel)

Pj Bupati Konsel mengatakan, senam dengan irama tari lulo kreasi dan lagu daerah merupakan bagian pelestarian budaya dan salah satu cara menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap adat dan seni budaya lokal yang diwariskan para leluhur kita.

“Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Karena di sini mayoritas suku tolaki maka sebaiknya diiringi lagu mayoritas suku kita. Lain hal di daerah lain tentu ikut adat budaya setempat,” ujarnya

Menutur Andi Tendri, tari dan lagu daerah merupakan kekayaan warisan budaya leluhur yang wajib kita lestarikan ditengah tengah masyarakat, seperti melalui senam pagi.

Dalam kegiatan senam pagi itu, Andi mengajak masyarakat dan ASN untuk bersama sama menumbuhkan kembali geliat usaha kuliner di Konsel. Hal itu demi meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mendukung program pembangunan Konsel yang maju, mandiri serta bermartabat.

Laporan: Perliyansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here