Jadi Anggota DPR RI di Usia Muda, Inilah Sosok Fachry, Nahkoda Baru PAN Konawe

Ketua DPD PAN Konawe, Fachry Pahlevi Konggoasa (FPK).

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Rasa penasaran kita tentang siapa sosok pengganti almarhum Gusli Topan Sabara (GTS) sebagai Ketua Dewan Piminan Daerah (DPD) PAN Konawe akhirnya terjawab sudah. Fachry Pahlevi Konggoasa (FPK) dipercaya Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN untuk mengemban amanah tersebut.

Sekretaris Jendral (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno dalam temu Kader PAN hari ini (17/9/2021) mengungkapkan hal tersebut. Secara lisan, ia mengatakan mengatakan kalau FPK-lah nahkoda baru DPD PAN Konawe.

“Orang yang kita pilih adalah kader terbaik untuk menahkodai PAN Konawe,” ujar Eddy sehari sebelum mengumumkan nama FPK di hadapan Kader PAN Konawe.

FPK didampingi Sekjen PAN, Bupati Konawe dan Ketua DPRD Konawe dalam acara temu Kader PAN.

Terkait penunjukan FPK sebagai Ketua DPD PAN Konawe juga dibenarkan Asdar, selaku Wakil Sekretaris I DPD PAN Konawe. Asdar yang mengikuti kegiatan temu kader PAN mengatakan, kalau Sekjen DPP PAN telah menyampaikan hal itu secara lisan.

“Secara lisan sudah disampaikan. SK defenitif akan segera menyusul,” jelas Asdar via telepon.

Menurut Asdar, FPK menjadi sosok yang ideal memimpin DPD PAN Konawe, karena masih muda dan energik. Keberadaannya sebagai kader PAN juga telah teruji dalam posisinya saat ini sebagai anggota DPR RI.

“Sosok Fachry kami anggap cocok karena dia sebagai milenial yang energik dan sudah teruji,” terangnya.

FPK sendiri sebelumnya dilantik jadi Ketua KNPI Konawe 2017 lalu. Ia mengawali karir politiknya sebagai Caleg DPR RI dari PAN tahun 2019. Ia pun berhasil lolos dengan perolehan suara yang sangat membanggakan.

FPK menjadi Caleg DPR RI asal Sultra dengan perolehan suara secara individu terbanyak, yakni 101.272 suara. Perolehan bahkan mengalahkan perolehan suara para tokoh politik ternama Sultra yang juga lolos di DPR RI, seperti Ridwan Bae, Rusda Mahmud, Imran dan Tina Nur Alam.

Semua prestasi gemilang itu mampu diraih FPK diusianya yang masih terbilang sangat muda. Kala itu ia masih berusia 24 tahun. Hal itu juga membuatnya dapat predikat sebagai salah satu anggota DPR RI termuda saat ini.

FPK bersama Sekjen DPP PAN, dan putra sulung GTS saat ziarah di makam almarhum GTS.

Ditunjuknya Fachry sebagai Ketua DPD PAN Konawe menggantikan almarhum GTS, membawa angin segar untuk perpolitikan di Konawe. PAN sendiri merupakan partai nomor satu di Konawe.

Partai besutan Fulkifli Hasan ini berhasil mengusung kadernya di posisi Bupati dan Wakil Bupati di Konawe. Sementara di DPRD Konawe, PAN memimpin dengan perolehan 8 kursi dan memantaskan kadernya untuk menduduki jabatan Ketua DPRD.

Perolehan PAN untuk Pileg DPRD Konawe tahun 2024 diprediksi akan tetap memimpin. Selama ini PAN telah membuktikan diri memimpin di DPRD Konawe selama 3 periode. Bukan hal yang tidak mungkin untuk yang keempat kalinya. Dengan kata lain, menjadi nahkoda PAN hari ini adalah salah satu langkah mulus untuk menjadi kandidat bupati 2024 mendatang.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here