Kades Puumbinisi Serap 9 Poin Aspirasi Warga, Ini Rencana Kegiatannya

Suasana Musyawarah Desa Puumbinisi

TRIBUN KONAWE: PONDIDAHA – Pemerintah Desa (Pemdes) Puumbinisi, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP-DES), di balai Desa Puumbinisi, Selasa (16/11/2021).

Musdes dilaksanakan bersama BPD, LPM tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat kepala dusun, ketua RT dan masyarakat setempat. Musdes membahas rencana kerja pembangunan Desa Puumbinisi dalam realisasi penggunaan anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2022.

Pada kegiatan tersebut, warga menyampaikan sembilan poin permintaan masyarakat yang telah disepakati pada  tiap dusun. Sembilan poin permintaan itu, yakni:

1. Pembukaan jalan baru pemukiman warga
2. Sarana air bersih
3. Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)
4. Peningkatan Drainase
5. Normalisasi saluran pembuangan
6. Pembuatan kolam ikan tarpal
7. Pengadaan bibit ikan
8. Pelatihan kader adat
9. Insentif imam masjid dan guru ngaji

Kades Puumbinisi, Bahnur Lambu menjelaskan, dari sembilan usulan masyarakat Pemdes Puumbinisi akan berupaya untuk merealisasikan melalui Dana Desa (DD) tahun 2022. Program itu juga akan disinergikan dengan visi dan misi Kades Puumbinisi sehingga tahun selanjutkan perlahan keinginan masyarakat terealisasi.

“Program ini akan dikondisikan dengan anggaran DD tahun 2022 jika 9 poin ini tidak semua terealisasi maka kegiatan lainnya akan jadi perioritas pada tahun selanjutnya, sesuai kewenangan desa kita tidak boleh lepas dari pemulihan ekonomi, perioritas nasional dan mitigasi bencana,” ungkap Bahnur.

Musdes tersebut turut dihadiri oleh Camat Pondidaha Dewi Saranani, Kepala Puskesmas Pondidaha Esti Saranani, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1417-02 Wawotobi dan Pendamping Desa, Haldin Sam Liambo.

Laporan redaksi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here