Kena Pukul Sampai Pingsan, Anggota Polres Konawe Ini Maafkan Pelaku

Aipda Lukman dan Litman berjabat tangan saat prosesi damai keduanya.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Aksi demontrasi menuntut pembayaran honor aparat desa di Kantor Bupati Konawe berakhir ricuh, Rabu (11/03/2020). Salah seorang aparat kepolisian dari Polres Konawe pun jadi korban.

Kejadian bermula saat massa aksi sudah tak terkontrol. Aksi saling dorong antara massa aksi dan petugas keamanan pun pecah. Di tengah suasana yang tak terkontrol itu, tiba-tiba hantaman yang cukup keras mengenai leher bagian belang Lukman. Polisi berbadan gempal itu pun langsung tersungkur pingsan. Ia pun segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Setelah ditelusuri, rupanya pelakukan adalah Litman, warga Desa Ulu Onembute, Kecamatan Onembute. Dia juga merupakan aparat desa yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pemerintahan.

Awalnya, Lukman sempat punya niat untuk membuat laporan atas kejadian tersebut. Akan tetapi, setelah dipertimbangkan ia memilih agar masalah tersebut tidak lanjut ke meja hukum. Dengan besar hati ia memaafkan pelaku yang memukulnya itu tanpa syarat.

“Pak Litman ini sudah saya kenal. Saat memadamkan kebakaran hutan di Onembut, pabak ini juga ikut membantu kami,” ujar Lukman mengenang masa kebersamaannya dengan Litman.

Atas kejadian tersebut, Litman juga meminta maaf baik kepala Lukman secara pribadi maupun kepada instansi kepolisian. Ia mengaku kalau kejadian pemukulan itu berlangsung spontan.

“Semua berlangsung spontan. Saya juga benar-benar tidak tahu kalau itu orang yang saya kenal juga,” jelasnya.

Kapolres Konawe, AKBP Yudi Kirstanto menuturkan, pihaknya mendukung anggotannya atas pemberian maaf kepada pelaku pemukulan. Dirinya memastikan kalau kasus tersebut telah diatur damai dan tidak diteruskan ke rana hukum.

Yudi menilai, keberadaan aparat kepolisian saat demonstrasi di kantor Kantor BPKAD Konawe merupakan tanggungjawab untuk melindungi masyarakat. Dan polisi akan selalu siap untuk hal itu dalam kondisi apapun.

“Tugas kami juga adalah mengamankan aspirasi masyarakat agar tersampaikan,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here