Kerja Tuntas, Warga Desa Sulemandara Nikmati Manfaat DD Tahap I 2021

Kades Sulemandara, Indriyanus.

TRIBUN KONAWE: PONDIDAHA – Pemerintah Desa (Pemdes) Sulemandara, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, telah merampungkan hampir semua program dana desa tahap I tahun 2021. Hal itu tentu tidak lepas dari gerak cepat Pemdes Sulemandara di bawah Nahkoda Indriyanus sebagai Kepala Desa (Kades).

Saat ditemui awak media, Jumat (4/6/2021), Indriyanus menuturkan, untuk program tahap I 2021, pihaknya telah membelanjakan Dana Desa (DD) untuk kegiatan pencegahan Covid-19. Sejumlah kegiatan Covid-19 yang dilakukan antara lain, mulai dari pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para relawan Covid desa, pengadaan tempat cuci tangan untuk tempat umum, handsanitizer, tangki penyemprot, alat pengukur suhu, 700 masker yang di bagikan kepada warga desa, serta pembuatan posko Covid-19.

“Kami juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum, seperti rumah ibadah dan sekolah,” ujarnya.

Selain itu lanjut Indriyanus, Pemda Sulemandara juga telah mengerjakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Jenis kegiatan itu, yakni pembersihan drainase sepanjang 2.000 meter dan kegiatan pemeliharaan jalan desa sepanjang 700 meter.

“Untuk program PKTD ini kami libatkan 50 warga desa untuk berpartisipasi dan mereka dapat upah atas pekerjaan itu,” jelasnya.

Indriyanus juga menerangkan, kegiatan lain yang turut dikerjakan adalah penyerahan insentif untuk kader Posyandu, kader pembangunan manusia, guru ngaji dan imam masjid. Pihak desa juga telah mengadakan sejumlah alat kesehatan (Alkes) dan telah diserahkan kepada pengurus Posyandu.

“Untuk pendataan SDGs kami juga telah laksanakan,” terangnya.

Sementara untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) kata Indriyanus, pihaknya telah menyerahkannya kepada 38 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Mereka yang menerimanya, yakni Lansia 6 orang, janda lansia 7 orang, petani 4 orang, buruh tani 19 orang dan pedagang 2 orang.

“Untuk tahap satu ini sisa satu kegiatan lagi yang akan kami laksanakan, yaitu pelatihan sistem informasi desa. Kegiatannya akan kami mulai tanggal tujuh bulan ini,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here