Kery Lantik Ferdinand Jadi Sekda Defenitif Konawe

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat mengukuhkan Ferdinand sebagai Sekda Konawe (foto: Humas untuk tribunkonawe)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe akhirnya resmi dipegang oleh Ferdinand Sapan. Prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan langsung oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Rabu di Aula Inowa, Senin (24/6/2019).

Pengangkatan Ferdinand sebagai Sekda, berdasar pada surat Keputusan (SK) Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) nomor: B-1903/KASN/62019. Selain itu juga berdasarkan SK Gubernur Sultra, Nomor: 821.22/3231 dan SK Bupati Konawe, Nomor: 416 tahun 2019.

Seremoni pelantikan Jenderal aparatur Sipil Negara (ASN) Konawe itu turut dihadiri sejumlah pejabat tinggi setempat. Beberapa diantaranya, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara; Ketua dan Anggota DPRD Konawe, H. Ardin; Dandim 1417 Kendari Letkol Cpn Fajar Lutvi Haris Wijaya; Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar dan sejumlah unsur Forkopimda lainnya.

Ferdinand bersama ibu saat berfoto bersama dengan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa.

Dalam sambutannya, Kery menuturkan, pengangkatan Ferdinan sebagai Sekda defenitif telah berdasarkan peraturan yang berlaku. Penetapan Sekda defenitif dilakukan mengingat Sekda sebelumnya, Ridwan Lamaroa telah mengundurkan diri sejak 2018 lalu. Sehingga untuk mengisi kekosongan jabatan selama setahun ini ditunjuklah pejabat (Pj) Sekda.

Selama setahun berjalan, jabatan Pj Sekda pernah dipegang oleh tiga pejabat eselon II Konawe. Mereka adalah Hj. Asriani Porosi, Ferdinan Sapan dan HK. Santoso.

“Setelah melewati proses sekelsi yang panjang, akhirnya ditetapkanlah Sekda defenitif dalam hal ini, bapak Ferdinan,” ujar Kery.

Foto bersama Bupati, Wakil Bupati, Sekda Konawe dan unsur Forkopimda.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menerangkan, jabatan Sekda punya peran sangkat vital dalam struktur pemerintahan. Sebagai jenderal ASN, Sekda berkewajiban membantu kepala kaerah dalam menyusun kebijakan.

“Sekda merupakan motor dan penggerak organisasi pemerintahan daerah. Untuk itu saya meminta agar Ferdinan betul-betul menjalankan fungsinya dengan baik,” terangnya.

Bupati dua periode ini berharap, dalam menjalankan tugasnya, Ferdinand mampu mengemban seluruh aktifitas maupun tugas-tugas administratif. Selain itu, Kery juga menekankan agar Ferdinand terus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi daerah, serta mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara produktif kepada seluruh instansi baik internal maupun eksternal.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here