Ketua DRPD Konawe Bakal Berganti: PAN Beri Kode untuk Aleg Milenial

Ketua DPD PAN Konawe yang juga Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara (kanan), bersama Mantan Ketua DPD PAN Konawe yang juga Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (kiri).

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD-PAN) Konawe saat ini memimpin perolehan kursi terbanyak di DPRD Konawe. Setidaknya, ada 8 kursi yang dikoleksi.

Perolehan itu mengantarkan anggota legislatif (Aleg) PAN menduduki posisi strategis di dewan. Saat ini Aleg PAN, Ardin, menjabat sebagai Ketua DPRD. Selain itu, Aleg PAN lainnya juga menduduki posisi ketua di tiga komisi DPRD Konawe. Komisi I Beni Setiadi, Komisi II Devi Thesya Feriska Konggoasa dan Komisi III Susi Sri Hartina.

Baru baru ini, Jumat (30/7/2020), Ketua DPD PAN Konawe, Gusli Topan Sabara melepar bola panas ke media. Ia menyatakan dalam waktu dekat akan melakukan pembahasan terkait penyegaran (pergantian, red) pada pucuk pimpinan DPRD Konawe. Perihal kata “pucuk”, bisa jadi yang dimaksud adalah Ketua DPRD yang dijabat Ardin, yang akan digeser dari posisinya saat ini.

Menurut Gusli, penyegaran dilakukan untuk lebih menyinergikan kerjasama antara lembaga legislatif dan eksekutif. Dengan penyegaran itu nantinya ia berharap DPRD Konawe bisa lebih kuat lagi.

“Penyegaran ini kita harapkan membuat DPRD Konawe akan lebih strong (kuat) di bawah pimpinan yang muda (Aleg PAN muda),” terang Gusli seperti memberi lampu hijau para kader milenial.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu juga menambahkan, DPD PAN akan mengusulkan tujuh nama Aleg (minus Ardin, red) untuk mengisi posisi Ketua DPRD. Meskipun ia juga menegaskan kalau pergantian posisi Ketua DPRD itu bukanlah dalam rangka PAW atau pengganti antar waktu. Dalam artian status Ardin tetap anggota dewan dan hanya turun jabatan saja.

“Ini hanya pergantian pucuk pimpinan DPRD, bukan PAW anggota DPRD. Makanya kami harapkan yang muda ini mampu membawa DPRD lebih strong,” tandas pria yang juga menjabat sebagai Wabup Konawe.

Untuk diketahui, saat ini ada 8 anggota DPRD Konawe. 6 Diantaranya masih muda. Bahkan Devi Thesya Feriska Konggoasa dan Susi Sri Hartina masih di bawah 30 tahun.

Di sisi lain, jika melihat dari perolehan suara terbanyak, Devi yang nota bene putri dari Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa memiliki suara kedua terbanyak setelah Ardin untuk Aleg PAN. PAN sendiri punya tradisi mengangkat Ketua DPRD dengan perolehan suara terbanyak. Sebagaimana yang pernah dilakukan pada Gusli Topan Sabara dan Ardin.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here