Lantik 1.190 BPD, Bupati Konawe Minta Jaga Sinergitas Bersama Kepala Desa

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa di dampingi Wakilnya Gusli Topan Sabara saat mengukuhkan pengurus BPD diberbagai desa di Konawe (foto: Mas Jaya / tribunkonawe.com)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Sebanyak 1.190 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara resmi dilantik bersamaan dengan momen peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia (HUT-RI), Sabtu (17/8’2019).

Prosesi pelantikan sumpah jabatan dilakukan usai pelaksanaan upacara penaikan bendera pusaka. Para anggota BPD dikukuhkan langsung oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Turut menyaksikan juga Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara dan Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinand Sapan.

Saat menyampaikan sambutan, Kery mengawalinya dengan permohonan maaf. Sebab, hingga saat ini ada kendala pendanaan terkait pembayaran honor aparat desa yang beberapa bulan belum terbayarkan.

“Tapi kami berjanji, pembayaran honor untuk aparat akan segera kami bayarkan. Kami akan pikirkan masalah kesejahteraan aparat desa juga,” ujar Kery yang disambut tepuk tangan para anggota BPD yang baru sj dilantik.

Selanjutnya, Bupati Konawe dua periode itu menegaskan, pengurus BPD harus memahami perumusan program yang ada di desa. Sehingga bisa bersinergi dengan baik terhadap kepala desa.

“Jaga harmonisasi dengan kepala desa. Karena kalianlah ujung tombak pembangunan di desa-desa,” terangnya.

Kery juga menekankan, agar BPD jangan hanya menjadi tukang stempel. Tapi betul-betul ikut mengontrol pembangunan di desa.

“Singkirkan itu anggapan asal bapak senang. Kami tidak ingin itu terjadi. Semua harus bekerja dengan omptimal agar hasilnya juga memuaskan,” tekannya.

Terakhir, mantan Ketua DPRD Konawe itu berpesan, bahwa Oktober mendatang akan ada Pilkades serentak. Ia berharap, BPD yang baru saja dilantik sudah bisa menyiapkan rambu-rambu dan aturan mainnya.

“Oktober kita ada Pilkades serentak. Makanya kita harapkan kepada anggota BPD yang baru saja dilantik ini untuk bisa menyukseskan kegiatan tersebut,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here