Lolos Berkas di VDNI dan OSS Tetapi Belum Dipanggil Juga? Ini Penjelasannya

Kabag Humas dan Protokoler Setda Konawe, Sukri Nur.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Belakangan banyak calon tenaga kerja lokal (TKL) yang pernah mendaftar di perusahaan smelter pemurnian nikel PT VDNI dan OSS mengeluh. Katanya, diantara mereka sudah ada yang pernah diumumkan lolos berkas dua tiga bulan lalu. Akan tetapi, belum menerima panggilan dari perusahaan. Sementara di sisi lain, pengumuman tahap demi tahap dari berbagai divisi di VDNI dan OSS telah diumumkan dan dipanggil dan sudsh ada bekerja di perusahaan.

Lalu, bagaimana pihak Pemda Konawe menanggapi hal tersebut?

Untuk diketahui, perekrutan calon TKL di VDNI dan OSS, dilakukan melalui Pemda Konawe. Pihak Pemda dan perusahaan telah ada MoU terkait hal tersebut.

Perekrutannya sendiri telah dilakukan sejak pertengahan 2020 lalu. Saat ini, Pemda-lah yang kemudian mengumumkan seleksi lolos berkas secara bertahap, berdasarkan permintaan kebutuhan tenaga kerja dari pihak perusahaan.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Konawe, Sukri Nur menuturkan, akhir 2020 lalu sempat ada pengumuman 10 divisi yang lolos berkas di OSS. Sampai saat ini, mereka yang lolos berkas di 6 divisi telah dipanggil untuk bekerja di perusahaan.

Sedangkan sisanya yang 4 divisi lanjut Sukri, masih menunggu permintaan kebutuhan tenaga kerja dari perusahaan. Ia berharap, nama-nama yang telah diumumkan lolos berkas untuk bersabar dan tidak membuat gaduh di media sosial.

“Jadi empat divisi di OSS yang telah diumumkan dan belum dipanggil, kami juga menunggu permintaan perusahaan. Kalau perusahaan sudah butuh, kami akan umumkan untuk pemanggilan,” jelas Sukri.

Sukri juga menegaskan, tidak ada pengumuman divisi yang dilangkahi. Semua tetap pada tahapannya. Sehingga yang diperlukan pasca pengumuman lolos berkas adalah menunggu pihak perusahaan menginformasikan ke Pemda Konawe untuk dilakukan pengumuman berikutnya.

“Terkait empat divisi yang belum dipanggil ini, kami juga sering tanya ke perusahaan. Kenapa belum ada permintaan. Karena dari kami sendiri sudah banyak yang tanyakan itu. Tapi semuanya tetap menunggu kebutuhan perusahaan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, 4 divisi OSS yang telah diumumkan lolos berkas namun belum dipanggil-panggil juga adalah divisi safety, jetty, control room dengan workshop.

Laporan: redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here