LSM LIRA Siap Ambil Bagian dalam Pembangunan Konawe

Ket

TRIBUN KONAWE: WAWOTOBI – DPD Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Masyarakat (LIRA) Kabupaten Konawe, menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Sabtu (26/10/2019).

Acara yang berlangsung di Pondek Erfa tersebut, turut dihadiri Dewan Pakar DPW LSM LIRA Sultra Dr. (H.C) Supriadi, Dewan Pembina LSM LIRA Konawe; Dr. Haslita Laburu, Bupati LIRA Konawe Aswan; Sekda LIRA Konawe, Tasman; LBH LIRA Konawe Heris Ramadhan dan pengurus LIRA Konawe di sepuluh kecamatan.

Dewan Pakar DPW LSM LIRA Sultra, Supriadi mengatakan, keberadaan LIRA adalah untuk mengawal kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat. Sebab LIRA ialah jembatan antara masyarakat dengan pemerintah.

“Pengurus LIRA harus bisa melihat, apakah kebijakan yang ada sudah sesuai dengan kepetingan masyarakat,” ujarnya saat membuka acara Rakerda.

Senada dengan itu, Dewan Penasihat LSM LIRA Konawe, Haslita Laburu menyampaikan, Rakerda diharapkan dapat menjadi momentun bagi LIRA untuk mematangkan konsep. Sehingga dapat memilah agenda mana saja agenda yang subtansial dan urgen untuk dilaksanakan.

“Segera laksanakan apa yang menjadi keputusan urgen dalam Rakerda ini,” ujarnya.

Sementara, Bupati LSM LIRA Konawe, Aswan menyebut, hal subtansial yang dibahas dalam Rakerda yaitu persoalan tenaga kerja di kawasan industri Morosi. Pandangannya, tenaga kerja lokal Konawe masih kesulitan untuk masuk ke perusahaan-perusahaan yang beroperasi di sana.

Menurut, Aswan ada banyak kendala penerimaan karyawan di kawasan Morosi dan cukup kompleks. Mulai dari kemampuan standar sumber daya manasia dan faktor penghambat lainnya.

“Makanya, LIRA akan melaksanakan program peningkatan skil masyarakat bersama dengan Dinas Ketenagakerjaan. Debgan begutu, jika nanti hendak masuk ke petusahaan itu bisa lebih mudah,” ujarnya.

Ia menyatakan, hasil Rakerda menyepakati mengawal pemerintahan dan turut ambil bagian dalam pembangunan di Konawe saat. Meskipun nanti, LIRA tidak akan melepaskan fungsi kritis saat berseberangan dengan kepentingan masyarakat.

“Dengan komitmen ini, kader LIRA harus bisa memberikan kreatifitas program dan inovasi untuk Pemda Konawe,” ucapnya.

Terakhirnya, Aswan menyebutkan beberapa program yang dilaksanakan LSM LIRA di Konawe. Diantaranya, pembangunan Taman Kanak-kanak di Desa Lalotutu. (Red)

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here