Manuver ARS Gagal, Benny Batal Jadi Ketua DPRD Konawe

(kiri) Ketua DPW PAN Sultra, Abdurrahman Shaleh. (tengah) Ketua DPRD Konawe, H. Ardin. (kanan) Skretaris DPD PAN Konawe, Benny Setiadi Burhan.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Gonjang ganji seputar Pergantian Antar Waktu (PAW) Ketua DPRD Konawe akhirnya mencapai klimaksnya. Ketua DPRD Konawe, H. Ardin yang selama ini digoyang kursi kepemimpinannya dan diam saja, akhirnya angkat bicara. Beberapa fakta yang selama ini masih abu-abu akhirnya terkuat.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/1/2021), Ardin pun mengungkapkan sejumlah fakta perihal rekomendasi PAW dirinya. Isu itu bermula saat Surat Keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) bernomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/429/2020 tertanggal 16 Oktober 2020, dikeluarkan. SK tersebut berisi perihal PAW Pimpinan DPRD Konawe dari Fraksi PAN sisa jabatan periode 2019-2024 saudara H. Ardin dengan penggantinya, Benny Setiadi Burhan sebagai Ketua DPRD Konawe periode 2020-2024.

Munculnya SK secara tiba-tiba jelas membuat Ardin kaget dan bertanya-tanya apa kesalahannya. Rasa penasaran itu pun membawanya ke Jakarta untuk bertemu Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas). Pertemuan keduanya terjadi pada 6 November 2020. Hasilnya, Zulhas menyatakan kalau ia dirinya tidak pernah menandatangani SK terkait PAW Ketua DPRD Konawe.

Dari situlah kemudian Ardin mulai curiga jika ada pihak yang bermain. Ia pun kembali ke Konawe. Lalu, SK tentang PAW dirinya juga telah ditarik secara resmi oleh Ketua Majelis Pertimbangan Partai DPW PAN Sultra, Kery Saiful Konggoasa atas perintah DPP PAN.
Masalah pun dianggap Ardin selesai.

Akan tetapi, isu PAW kembali bergulir tatkala DPW PAN Sultra mengirim surat dengan nomor: PAN/B/22/K/41/1/2021 tertanggal 4 Januari 2021. Surat tersebut meminta tindaklanjut (SK) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) bernomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/429/2020 tentang PAW Ketua DPRD Konawe.

Mendapati surat tersebut, Ardin segera mengirim pesan via WhatsApp kepada Zulhas. Zulhas pun merespon untuk tidak menanggapinya. Ia tetap pada komitmen awal agar Ardin tetap di posisi Ketua DPRD Konawe.

Ardin menerangkan, bahwa keputusan terkait PAW memang ada di tangan DPP. Selanjutnya turun ke DPW Sultra, lalu ke DPD Konwe. Pihak DPD lah yang kemudian akan menyurat ke fraksi PAN di DPRD Konawe. Namun yang terjadi malah, dari DPW PAN langsjng menyurat ke fraksi PAN di DPRD Konawe.

“Jadi kewenangan ada di tangan DPD PAN Konawe berdasarkan prinsip berjenjang. Tetapi karena DPD sudah paham bahwa SK dari DPP telah ditarik, makanya DPD tidak ambil sikap,” jelasn Ardin.

Ardin pun menuding kalau orang yang selama ini menginginkannya untuk di PAW datang dari Ketua DPW Sultra, Abdurrahman Shaleh (ARS). Ardin bahkan mempertanyakan apahak ASR telah masuk angin dalam upaya pelengseran dirinya dari kursi pimpinan DPRD Konawe.

“Yang berambisi dan bernafsu ini Rahman Shaleh, Ketua DPW PAN Sultra. Ada apa? Masuk angin kah ini Rahman Shaleh? Tidak Layak Rahman Shaleh itu memimpin DPW PAN Sultra. Akan kerdil PAN di Sultra,” keras Ardin yang menilai kebijakan ARS itu tendensius.

Terkait apakah sejauh ini Ardin sudah melakukan komunikasi dengan Rahman Shaleh? Ia menjabat tidak pernah. Katanya, untuk apa komunikasi dengan orang seperti dia

“Untuk apa komunikasi dengan orang seperti itu?” tegas Ardin.

Ardin meyakinkan kalau isu PAW dirinya sudah selesai. Sebab, dari DPD PAN Konawe saat ini masih adem adem saja. Termasuk Fraksi PAN di DPRD Konawe tidak ada yang meributkan hal tersebut. Kecuali Benny Setiada Burhan yang selama ini digadang-gadang bakal menggantikan posisi Ardin sebagai Ketua DPRD.

“Coba tanya, fraksi PAN (kalau ada uang ribut, red). Palingan Benny kan. Coba tanya pak Gusli selaku Ketua DPD PAN. Tidak ada kan suratnya terkait eksekusi itu (PAW). Kalau ada saya tidak akan bertahan,” jelas Ardin.

Ardin juga turut menyinggung kader partai lain di DPRD yang ikut campur urusan internal PAN Konawe. Ia menyebut, agar anggota DPRD dari partai lain cukup mengerjakan tugas dan kewajibannya sebagai anggota dewan.

Laporan: Mj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here