Mengenal Kadek Rai Sudiani, Srikandi Pertama di Kursi Pimpinan DPRD Konawe

Wakil Ketua I DPRD Konawe, Kadek Rai Sudiani.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Politikus Partai Gerindra, Kadek Rai Sudiani berhasil pecahkan rekor di dunia perpolitikan di Kabupaten Konawe. Pasalnya, perempuan ini merupakan politikus pertama yang menduduki jabatan pimpinan (Wakil Ketua I) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Diketahui, pada pesta demokrasi lima tahunan, pemilu (Pemilhan Umum) serentak 17 April 2019 lalu, Kadek Rai Sudiani kembali berhasil merebut satu dari lima jatuh kursi di daerah pemilihannya.

Pada pemilu tersebut, Partai Gerindra berhasil merebut lima kursi dari 30 kursi DPRD Konawe dan menempati urutan kedua perolehan kursi dan suara terbanyak setelah Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan delapan kursi.Kemudian disusul PDIP dengan perolehan 4 kursi.

Sebelumnya, Kadek Rai Sudiani adalah anggota DPRD Konawe periode 2014–2019. Kadek sapaan akrabnya sempat menjadi anggota Komisi III DPRD selama 2,5 tahun. Kemudian 2,5 selanjutnya, Kadek didaulat menjadi Ketua Komisi I pada pemilihan alat kelengkapan DPRD Konawe tahun 2017.

Kadek Rai Sudiani bersama pimpinan DPRD Konawe lainnya dalam prosesi pengambilan sumpah jabatan.

Selain sebagai anggota DPRD, Kadek Rai Sudiani juga bergelut di dunia organisasi. Kadek adalah Ketua Prajaniti (Organisasi Keagamaan) Kabupaten Konawe dan Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Konawe.

Ditemui usai rapat pleno peresmian dan pengambilan sumpah/janji pimpinan definitif DPRD Kabupaten Konawe, Kadek Rai Sudiani menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada seluruh masyarakat Konawe khususnya di daerah pemilihan Konawe V (lima) yang meliputi Kecamatan Tongauna, Tongauna Utara, Abuki, Padangguni, Asinua, Latoma dan Routa atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya.

“Saya bukan siapa-siapa tanpa dukungan dari mereka,” ucapnya.

Menurut Kadek, pascadilantik sebagai salah satu unsur pimpinan DPRD Konawe, dirinya berkomitmen untuk menjalankan amanah yang telah diberikan oleh konstituen sebagai wakil mereka untuk memperjuangkan aspirasi rakyat.

“Tentu, sebagai wakil rakyat, saya selalu siap untuk menerima aspirasi dari masyarakat Konawe dan akan memperjuangkannya sehingga dapat direalisasikan oleh pemerintah,” janji Srikandi DPRD Konawe itu.

Selain itu lanjutnya, selaku anggota DPRD dirinya bersama 29 lainnya akan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan program Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang dalam Visi dan Misi-nya yakni menuju masyarakat Konawe yang sejahtera dan masyarakat Konawe Gemilang.

Kadek Rai Sudiani berpose bersama usai pengambilan sumpah jabatan.

“Berdasarkan Undang-Undang, DPRD merupakan penyelenggara pemerintahan. Jadi kami akan bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan progaram itu,” ujarnya.

Untuk kelancaran tugas dan fungsi anggota DPRD dalam mengembang amanah rakyat, dirinya mohon dukungan dari semua pihak. Sehingga apa yang menjadi harapan bersama dapat diwujudkan.

“Tanpa dukungan stakeholder dan masyarakat, kami tentu sulit untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan kita bersama. Bantu kami untuk mengawal semua program pemerintah daerah maupun pusat demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Konawe yang sesungguhnya,” tutup politikus Gerindra itu (Adv. Bagian I)

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here