Mengenal Yusran Akbar: Alumni Teknik Unilaki, Nahkoda Baru Kadin Konawe

Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar (kiri) saat menerima pataka pengurus Kadin Konawe periode 2021-2026 dari Ketua OKK Kadin Sultra, Muh. Syawal (kanan).

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Alumni Fakultas Teknik Universitas Lakidende (Unilaki), Yusran Akbar resmi nahkodai Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kabupaten Konawe. Ia terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Kabupaten (Muskab) ke-VI, di salah satu hotel di Unaaha, Senin (20/12/2021).

Seremoni itu dihadiri sejumlah nama besar. Antara lain, Ketua Kadin Sultra Anton Timbang, Ketua DPRD Konawe Ardin, Sekda Konawe Ferdinan Sapan dan Kapolres Konawe, AKBP Wasis Santoso. Turut hadir juga sejumlah pengurus Kadin Sultra dan Kadin dari berbagai daerah.

Yusran mendaftarkan dirinya sebagai calon Ketua Kadin Konawe pada 8 Desember 2021 lalu. Ia kemudian mengembalikan formulir pada 13 Desember sesaat sebelum pendaftaran calon ditutup.

(kiri ke kanan) Sekda Konawe Ferdinan Sapan, Ketua Kadin Sultra Anton Timbang, Ketua Kadin Konawe Yusran Akbar dan Mantan Ketua Kadin Konawe, Rusdianto saat disambut menuju tempat Muskab Kadin Konawe.

Saat itu, Yusran menjadi pendaftar tunggal. Dokumen dan syarat lainnya ia penuhi. Ia pun melenggang bebas tanpa dinamika berarti, hingga ke prosesi pengukuhannya sebagai nahkoda baru Kadin Konawe.

Lalu, siapa sosok Yusran Akbar sebenarnya?

Yusran merupakan pria kelahiran Batuawu (Bombana), 11 Desember 1979. Ia merupakan putera kedua dari pasangan Masri Papua dan Sri Wahyuni.

Yusran memiliki isteri bernama Hania. Ia dikaruniai sepasang putera dan puteri, yakni Muhammad Agung Ramadhan Papua dan Alzena Xaviera Adiva.

Profil singkat Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar (sumber: jems)

Yusran menamatkan kuliahnya di Fakultas Teknik Unilaki pada tahun 2005. Karirnya di dunia usaha cukup banyak. Ia pertama kali merintis usaha mobiler sejak tahun 2000. Pernah jadi wartawan SKU Media Konawe 2004. Menjadi direktur di beberapa perusahaan. Sejak 2019 sampai saat ini menjadi Komisaris PT. Unaaha Nikel Persada.

Saat ini, Yusran juga menjadi anggota Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI).

Saat menyampaikan sambutannya Yusran mengatakan, tema yang diangkat pada Muskab kali ini ialah “Satukan Hati, Bangkitkan Ekonomi Kabupaten Konawe.” Menurutnya, untuk mewujudkan tema tersebut telah dituangkan dalam visi dan misi Ketua Kadin Konawe peride 2021-2026.

Visi Misi Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar (sumber: Jems)

“Visi kami, yakni membangun Kadin baru Konawe yang inklusif dan kolaboratif dengan seluruh unsur ekonomi di Kabupaten Konawe, berdasarkan karakter jujur, tabah dan setia,” ujarnya.

Adapun strategi untuk menyukseskan visi tersebut kata Yusran, telah dituangkan dalam misi Kadin Konawe. Kata dia, ada empat pokok misi Kadin Konawe, yakni penguatan kesehatan, pemberdayaan ekonomi daerah, pengembangan kewirausahaan dan penyempurnaan fungsi internal organisasi dan regulasi Kadin.

“Kami akan bersinergi dengan pemerintah daerah. Bersama-sama kita sukseskan program Kadin Konawe dalam membangun daerah,” pungkasnya. (Mj)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here