Menikmati Wisata Edukasi Kampung Sagu di Konawe

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat berpose di kebun sagu area Kampung Sagu Konawe (foto: istimewa / tribunkonawe.com)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Kampung Sagu di Desa Labela, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara menjadi salah satu icon Hari Pangan Sedunia. Kawasan tersebut menjadi sasaran kunjungan para tamu dari kedutaan besar dan perwakilan organsisasi internasional, besok (1/11/2019).

Lalu, apa saja yang ditawarkan Kampung Sagu yang menjadikannya icon dari acara level dunia? Ternyata ada banyak hal menarik di sana. Salah satu wisata yang disajikan, yakni wisata edukasi sagu.

Di lokasi kampung sagu, Anda dapat melihat sebuah pabrik pengolahan sagu semi modern. Pabrik tersebut dibangun dari hasil dana hibah dari Food and Agriculture Organization (FAO).

Di pabrik tersebut anda bisa melihat bagaimana batang pohon rumbia diolah jadi sagu basah. Ada juga tempat pengolahan sagu basah menjadi tepung sagu kering. Selain itu, ada juga tempat pengolahan briket yang merupakan bahan daur dari kulut pohon rumbia.

Selanjutnya di bagian bawah pabrik, terdapat sebuah kolam tempat penampungan limbah. Di kolam itu juga dipelihara ikan. Hal itu membuktikan kalau limbah sagu juga bermanfaat dan tidak berbahaya bagi ikan-ikan.

Selanjutnya, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan dua kolam besar. Kolam itu dipenuhi beragam ikan. Ada juga area kandang unggas dan kebun jagung.

Hal menarik Anda akan dapatkan ketika memasuki komplek wisata edukasi. Untuk memasuki kawasan tersebut, Anda harus memasuki sebuah gerbang. Dari gerbang itu, terdapat titian masuk ke dalam kebun sagu. Titian itu juga terhubung dengan dua gazebo di dalam kebun tersebut.

Di dalam kebun itu ada sebuah instalasi tempat mengolah sagu secara tradisional. Di sana juga ditampilkan kebun sagu yang dikelola secara tradisional dan semi modern.

Itulah gambaran tentant spot-spot yang bisa Anda temui di kampung sagu. Jika penasaran Anda dapat berkunjung sendiri.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here