Menteri Basuki Janji Pulihkan Segera Infrastruktur Rusak di Konawe

Menteri Basuki saat menyambangi Bendung Wawotobi, Konawe (foto: Sukardi untuk tribunkonawe.com)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Rombongan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) mengunjungi Konawe, Kamis (20/6/2019).

Pada kesempatan tersebut, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyebut, bahwa belum pernah Konawe diterpa banjir separah ini, akibat meluapnya sungai Konaweha dan Lahambuti. Terkait permasalahan tersebut, pihaknya telah menggelar rapat dengan komisi V DPR RI.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat mendampingi Menteri Basuki dalam kujungan ke Bendung Wawotobi (foto: Sukardi untuk tribunkonawe.com)

Menurut Basuki, ada beberapa hal yang perlu ditangani segera di Konawe. Misalnya untuk jangkan pendek, pihaknya akan segera memperbaiki tanggul-tanggul yang jebol di daerah pemukiman.

Kemudian lanjut Basuki, ia juga memastikan jika 2019 ini sudah akan ada tender untuk bendung Ameroro. Rencananya, bendungan tersebut akan dibuat sebesar bendung Wawotobi, sehingga bisa lebih baik dalam menyalurkan sirkulasi air sungai Konaweha.

“Tahun 2020 juga kita upayakan tenderkan untuk bendungan Pelosika. Kalau ini sudah selesai, maka akan sangat membantu dalam meringankan banjir di Konawe,” terangnya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi saat mendampingi Menteri Basuki dan anggota Komisi V DPR RI saat berkunjung ke Konawe (foto: Sukardi untuk tribunkonawe.com)

Untuk diketahui, kunjungan Menteri PUPR dan anggota komisi V DPR RI di Konawe didampingi langsung Gubernur Sultra, Ali Mazi. Mereka disambut langsung oleh Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara dan unsur Forkopimda.

Rombongan dari Kementerian PUPR uang turut membersamai Menteri Basuki dalam kunjungannya di Konawe antara lain, Dr. Ir. Hari Suprayogi, M.Eng (Dirjen Sumber Daya Air), Ir. Sugiyartanto, M.T (Dirjen Bina Marga), Endra S. Atmawidjaja (Kabiro Komunikasi Publik PUPR). Sementara rombongan dari Komisi V DPR RI, antara lain, Ridwan Bae yang juga merupakan anggota DPR RI Dapil Sultra, Hamka. B. Kady, Novita Wijayanti, Andi Iwan Darmawan Aras, Intan Fitriana Fauzi, H. Sungkono, Jhon Siffi Mirin, Abubakar Wasahua dan H. Soehartono.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here