Nahkodai Lasqi Konawe, Titin Nurbaya Saranani Janjikan yang Terbaik

Titin Nurbaya Saranani saat menerima pataka untuk menahkodai Lasqi Konawe.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ketua Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kabupaten Konawe resmi dinahkodai, Titin Nurbaya Saranani. Prosesi pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua DPW Lasqi Sulawesi Tenggara (Sultra) Drs La Ode Mustari, di salah satu hotel di Unaaha, Kamis (4/11/2021).

Ketua DPD Lasqi Konawe Titin Nurbaya Saranani dalam sambutannya menyampaikan, agama Islam sebagai agama yang dipeluk oleh sebagian besar bangsa Indonesia sangat signifikan dalam menghantarkan transisi negara dan bangsa menuju negara yang Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghafur.

Hal itu kata Titin, dapat dibuktikan melalui sejarah bangsa Indonesia kaya akan nilai religius yang tertanam dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Peran Lasqi menurutnya, sangatlah penting mempererat ukhuwah islamiah dan meningkatkan apresiasi terhadap ekspresi seni dan budaya Islam khususnya di Konawe.

“Sebagai Ketua DPD Lasqi Konawe yang baru saja di lantik, saya akan terus berupaya Lasqi kedepannya lebih maju. Bukan saja pada aspek prestasi, tetapi dengan membangun karakter generasi bangsa yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif,” ungkapnya.

Istri dari Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa ini menerangkan, dalam menghasilkan karya seni dan budaya lebih baik, janganlah pengukuhan Lasqi ini dimaknai sebagai formalitas acara seremonial belaka. Namun, lebih sebagai upaya komprehensif dalam pembinaan kerohanian umat Islam khususnya bagi generasi muda.

“Seniman-seniman muslim yang ada di Konawe ini perlu banyak berdialog, bertukar kreativitas untuk terus mengembangkan berbagai jenis budaya Islam sesuai dengan perkembangan zaman,” terang perempuan yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Sultra itu.

Melalui Lasqi, Titin ingin memperkenalkan lembaga seni dan qasidah di Konawe yang telah dirintis oleh ulama dan pejuang-pejuang agama terdahulu di negeri ini. Menurutnya, jika tidak tidak diperjuangkan secara berkesinambungan hal tersebut bisa hilang di tengah-tengah masyarakat.

“Melalui Lasqi, kesenian ini harus terus dikembangkan, dipacu, dan ditingkatkan kualitasnya. Kita memiliki misi yang cukup jelas, yakni seni sebagai media dakwah dalam membangun etika dan moral bangsa, serta membangun umat,” pungkas Ketua PKK Kabupaten Konawe ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPW Lasqi Provinsi Sultra, Assisten dan staf ahli Bupati Konawe, Kepala Kantor Kementerian Agama Konawe, MUI Konawe, para unsur pimpinan OPD, camat se Kabupaten Konawe, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, dan Pengurus Lasqi Konawe.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here