PAN Makin Perkasa, PDIP Disalip Gerindra

Ketua DPD PAN Konawe, Gusli Topan Sabara (foto: Mas Jaya / tribunkonawe.com)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe resmi menetapkan calon anggota terpilih dan perolehan kursi di DPRD Konawe, Selasa (13/8/2019).

Hasilnya, menunjukan kalau Partai Amanat Nasional masih merajai perolehan kursi di DPRD Konawe. Perolehan PAN bahkan lebih banyak dari periode sebelumnya, yakni dari 7 kursi menjadi 8 kursi. Koleksi tersebut kembali memantapkan PAN untuk kembali memegang tampuk kepemimpinan di DPRD Konawe.

Keperkasaan PAN di DPRD Konawe telah berlangsung selama tiga periode berturut-turut. Ibarat permainan sepak bola, PAN adalah pemain yang berhasil membuat hatrick di dunia perpolitikan Konawe.

Kegemilangan PAN sendiri di mulai sejak era Kery Saiful Konggoasa memimpin partai Matahari terbit itu. Pada tahun 2009, Kery telah didapuk menjadi Ketua DPRD Konawe.

Saat menjadi Bupati Konawe tahun 2013, estafet kepemimpinan PAN di DPRD Konawe diserahkan kepada Gusli Topan Sabara. Gusli kala itu menjabat sebagai Sekretaris DPD PAN Konawe.

Pada Pemilu 2014, PAN kembali keluar sebagai pemenang dengan mengoleksi 7 kursi. Gusli kembali didapuk menjadi Ketua DPRD Konawe. Dalam perjalanannya, pada tahun 2017 Kery menyerahkan estafet kepemimpinan PAN Konawe kepada Gusli.

Selanjutnya, pada tahun 2018, saat Gusli mengikuti kontestasi Pilkada Konawe mendampingi Kery, ia diharuskan untuk mundur dari jabatan Ketua DPRD Konawe.
Posisinya pun digantikan Ardin.

Kini, PAN Kembali berjaya. Hasil Pilcaleg 2019 PAN kembali merajai perolehan dengan mengoleksi 8 kursi. Ardin pun menjadi kandidat dengan suara terbanyak, yakni 3.740 suara.

Total perolehan suara PAN di Pilcaleg Konawe 2019 mencapai 33.270. Jumlah perolehan tersebut terpaut jauh dari perolehan suara partai-partai lainnya yang ikut berkontestasi.

Caleg dari PAN tersebar di semua Dapil. Bahkan, dari lima Dapil yang ada, tiga Dapil diantaranya PAN berhasil meloloskan dua Calegnya. Dapil tersebut yakni, Konawe II, Konawe III dan Konawe IV.

Setelah PAN, peraih kursi terbanyak di DPRD Konawe dipegang Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Di tangan Wahyu Ade Pratama, Gerindra berhasil memegang lima kursi. Jumlah itu bisa dibilang prestasi yang membanggakan. Sebab, Pilcaleg 2014 lalu, Gerindra hanya mampu mengoleksi dua kursi saja.

Raihan lima kursi tersebut memastikan Gerindra bakal dapat jatah pimpinan di DPRD Konawe, yakni Wakil Ketua I. Posisi itu sebelumnya dipegang oleh PDIP.

Selanjutnya, posisi ketiga kursi terbanyak di raih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Partai Kepala Banteng tersebut meraih empat kursi. Jumlah itu sama dengan raihan PDIP pada Pilcaleg 2014 dan membuatnya berhasil menduduki kursi pimpinan DPRD sebagai Wakil Ketua I.

Kali ini, partai yang dinahkodai oleh Rusdianto itu harus berpuas diri menduduki posisi Wakil Ketua II di DPRD Konawe, setelah disalip Gerindra. Posisi tersebut sebelumnya dipegang oleh Partai Bulan Bintang (PBB) yang akan turun status dari kursi pimpinan, lantaran hanya mampu mengoleksi tiga kursi saja.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here