Pemda Konawe Launching Klinik Konsultasi Dana Kelurahan

Kepala Bagian Keuangan Setda Konawe, Sriany.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Bagian Keuangan Sekretariat Daerah (Setda) Konawe meluncurkan proyek perubahan klinik konsultasi dana kelurahan, Senin (16/12/2019). Launching dilakukan oleh Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinand Sapan.

Ferdinan memberi apresiasi atas terbentuknya klinik konsultasi tersebut. Ia berharap agar program tersebut segera dilaksanakan oleh intansi terkait.

“Semoga dapat segera termanfaatkan,” ujarnya sesaat setelah menggunting pita peresmian.

Sekda Konawe, Ferdinand Sapan saat meresmikan klinik konsultasi dana kelurahan.

Mantan Kepala BPKAD Konawe ini berharap, Bagian Keuangan dapat segera menyiapkan ruangan khusus saat membuka pelayanan di tiga poli yang disiapkan. Ia juga berpesan agar kelurahan yang tengah dalam masa uji coba terhadap program ini dapat proaktif dalam melakukan konsultasi keuangan dan pengambilan program kebijakan.

Sementara itu, Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Setda Konawe, Sriany menjelaskan, pihaknya memiliki tugas pokok dan fungsi untuk mengevaluasi dan monitoring pengelolaan keuangan di kecamatan dan kelurahan.

“Jadi klinik ini dibuat untuk tujuan transparansi serta akuntabilitas pelaksanaan kegiatan yang ada di kelurahan,” paparnya saat ditemui di riang kerjanya.

Menurutnya, klinik konsultasi dana kelurahan ini merupakan salah satu inovasi di Bidang Keuangan Pemda Konawe yang belum ada di daerah lain di Indonesia. Untuk hal yang bisa dikonsultasikan, salah satunya yakni tata cara pengadaan barang dan jasa.

“Jadi kalau ada masalah misalnya, tata cara pengadaan barang dan jasa, bisa datang untuk konsultasi, misalnya juga soal penatausahaan pembukuan dari aparat kelurahannya supaya jangan ada kesalahan,” terangnya.

Perempuan yang akrab disapa Ani ini juga menerangkan, untuk tahap awal dari 57 kelurahan di Konawe, pihaknya baru melakukan sampling dengan program pembinaan di lima kelurahan di Kecamatan Wawotobi.

“Meskipun baru lima kelurahan yang diujicobakan, kami juga tetap membukan layanan untuk kelurahan lainnya di Kabupaten Konawe untuk konsultasi,” ujarnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here