Pemdes Wawonggole Realisasikan Tiga Program APBDes-nya dengan sistem PKDT

Kepala Desa Wawonggole, Jupran dan aksivitas normalisasi saluran air.

TRIBUN KONAWE: WONGGEDUKU – Pemerintah Desa (Pemdes) Wawonggole, Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melaksanakan program Padat Karya Tunai Desa (PKDT) yang merupakan Program prioritas Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

Program PKDT tahun ini meliputi Pembangunan rumah pompa tahap II, pembuatan saluran air, serta normalisasi saluran. Program tersebut berjalan dimulai dari pengerukan saluran air pembuangan yang dilakukan oleh Pemdes dan beberapa warga pada, Senin (3/5/2021).

Kepala Desa Wawonggole, Jupran mengatakan normalisasi atau pengerukan saluran tersier air dan saluran pembuang dilaksanakan di semua saluran air yang terdapat di tiga dusun di Desa Wawonggole.

Warga Desa Wawonggole saat bergotong royong mengerjakan saluran air guna mengantisipasi banjir.

“Kegiatan ini terlaksanakan dari hasil musyawarah melalui tingkat dusun, tingkat desa sampai dengan penetapan APBDes desa Wawonggole tahun 2021, Kata Jupran.

Pria yang menjabat sekretaris Apdesi Sultra itu juga mengungkapkan, terkait volume atau panjangnya Pemdes tidak bisa menentukan karena untuk yang lebih jelasnya hanya pada tim teknik.

Menurutnya semua saluran tersier dan pembuang yang berada di wilayah pemerintahan desa Wawonggole akan ditangani Pemdes melalui Program Padat PKTD.

“Kegiatan ini kami libatkan dari aparat desa yaitu kepala RT, kepala dusun, kepala urusan dan kepala seksi untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan PKTD,” jelasnya.

Kegiatan tersebut dimulai sejak tanggal 30 April 2021, terkait anggaran kegiatan program PKTD, pemerintah desa mengelontorkan sebanyak Rp. 48.000.000 dari anggaran APBDes tahun 2021.

APBDes Wawonggole, Kecamatan Wonggeduku, Tahun 2021.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here