Pemkab Konawe dan Kemenag: Salat Id Boleh di Masjid atau Lapangan

Kepala Kemenag Konawe, Ahmad Lita R.

TRIBUN KONAWE: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe bersama Kementerian Agama (Kemenag) Konawe sepakat jika salat Idul Fitri 1443 H, bisa dilakukan di Masjid atau lapangan.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Konawe H Ahmad Lita Rendelangi. Ketentuan pelaksanaan salat Id di Konawe telah dirapatkan dengan pihak Pemkab. Hasilnya, disepakati pelaksanaan salat Id tidak lagi menerapkan pola rayonisasi, seperti pada saat Covid-19 merebak. Tahun 2022 ini, pelaksanaan salat Id sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing pengurus masjid di semua wilayah se-Kabupaten Konawe.

“Kalaupun ada desa atau kecamatan yang membuat pelaksanaan salat Id di lapangan, itu dipersilahkan. Tapi dengan catatan jangan abaikan protokol kesehatan (prokes)-nya,” ujarnya.

Mantan Kepala Kantor Kemenag Kolaka Timur (Koltim) itu mengungkapkan, dua tahun belakangan, pelaksanaan ibadah Ramadan cukup dibatasi. Seperti, salat tarawih yang dilarang dilakukan di masjid seperti biasanya. Ahmad Lita menyebut, kebijakan itu merupakan salah satu ikhtiar pemerintah untuk menjaga keselamatan masyarakat secara keseluruhan.

“Tahun ini, pemerintah sudah melonggarkan hal itu karena melihat tren kasus Covid-19 ini sudah menurun. Kemudian, kesadaran masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah sudah cukup baik. Termasuk, program vaksinasi yang sudah berhasil. Ini suatu kesyukuran sehingga ibadah Ramadan bisa kita lakukan seperti biasanya,” imbuhnya.

Ahmad Lita menambahkan, pelaksanaan salat Id di Konawe bakal dipusatkan di masjid Agung Babusalam Unaaha. Ia pun mengingatkan jamaah salat Id di seantero Konawe agar selalu mematuhi prokes sehingga ibadah Id bisa berjalan lancar. Sekaligus, meminimalisir munculnya klaster baru Covid-19.

“Selaku Kepala kantor Kemenag Konawe, saya imbau agar kita semua patuhi prokes,” imbaunya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here