Perjalanan Dinas Telat Dibayar, Alasan Anggota DPRD Konawe Malas Berkantor

Ketua BK DPRD Konawe, Hj. Murni Tombili.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe, belakangan ini kerap sepi. Jarang sekali terlihat anggota dewan yang berkantor jika tak ada agenda seperti rapat paripurna.

Kondisi itu pun menjadi sorotan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Konawe, Hj. Murni Tombili. Ia mengungkapkan, alasan anggota dewan malas berkantor adalah karena hak-hak mereka selalu diabaikan. Hak itu antara lain, dana perjalanan dinas yang kerap terlambat dibayarkan. Bahkan katanya sampai berbulan-bulan.

“Saya sudah tegur mereka, tapi mereka beralasan gara-gara dana perjalanan selalu terlambat dibayarkan. Bahkan Sampai berbulan-bulan,” ungkapnya saat diwawancara, Jumat (9/10/2020).

Politisi PDIP itu, menyebut alasan para anggota dewan untuk malas berkantor itu tidak rasional. Selaku ketua BK pun dirinya tidak dapat berbuat banyak. Pasalnya, hingga saat ini tidak memiliki bukti kuat terhadap anggota yang sering lalai dalam menjalaskan tugas.

Sekretariat DPRD Konawe.

“Saya sudah koordinasi langsung dengan pak Ketua DPRD. Beliau katakan, proses saja kalau ada bukti kuat. Hanya sampai sekarang absensi (anggota dewan) tidak ada. Jadi mamang susah dan serba salah,” keluhnya.

Murni menerangkan, sebagai wakil rakyat, anggota DPRD wajib menjalankan tugas yang diamanahkan dengan hadir setiap hari di kantor. Ia menegaskan, anggota DPRD berkantornya di Kantor DPRD bukan di rumah atau di lapangan.

“Anggota dewan itu masuk jam sembilan pagi, pulang jam empat sore. Itu sesuai tatib kita waktu periode 2014 – 2019. Kalau Tatib sekarang saya belum tahu, belum saya lihat,” ujarnya.

Dikatakan Murni juga bahwa ada anggota Dewan yang beralasan tidak masuk kantor dengan karena lagi di lapangan. Tiap hari harus temui konstituen, padahal itu tidak benar. Menurutnya, anggota dewan tidak bisa menjalankan tugas sendiri -sendiri, tetapi harus kolektif (Komisi).

“Tugas lapangan itu harus secara bersama-sama. Misalnya kunjungan lapangan itu semua anggota Komisi bukan perorangan. Jadi tidak benar kalau ada yang beralasan seperti itu,” bebernya.

Selaku Ketua BK, Hj Murni Tombili mengajak semua anggota DPRD Konawe untuk mengembang amanah rakyat dengan sebaik-baiknya.

“Masyarakat sudah memberikan hak suaranya kepada kita. Tugas kita sebagai anggota DPRD yaitu menjalankan amanah tersebut sebaik-baiknya dengan memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi mereka,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here