Permudah Urus Izin, Pemda Konawe Luncurkan Aplikasi OSS dan Sicantik

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, didampingi Kepala Dinas PM-PTSP Konawe, Burhan saat peluncuran aplikasi Sicantik dan OSS (foto: Mas Jaya / tribunkonawe.com)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Pengurusan segala jenis izin di Kabupaten Konawe kini bakal lebih mudah. Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe baru saja melaunching aplikasi bernama OSS dan Sicantik Cloud, Kamis (17/10/2019).

OSS merupakan singkatan dari Online Singel Submission. Sedangkan Sicantik adalah akronim dari Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik, berupa sistem cloud yang dapat digunakan oleh instansi pemerintah secara gratis.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa yang meluncurkan langsung dua aplikasi tersebut menuturkan, aplikasi diharapkan dapat mempermudah pelayanan. Khususnya dalam hal pengurusan izin yang selama ini dikenal ribet.

“Hadirnya, sistem ini juga dapat meminimalisasi pungli, karena masyarakat bisa mengurus izin secara online,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP), Burhan menuturkan, manfaat dari OSS adalah untuk mengurus izin dasar.
Izin dasar yang dimaksud, yakni seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), izin AHU dari Notaris, NPWP, Nomor KTP, BPJS dan Perpajakan.

Selanjutnya, pemohon izin dapat langsung mengakses Sicantik. Di aplikasi tersebut, pemohon dapat mengurus IMB, Izin Tata Ruang dan sebagainya.

“Semuanya dapat dilakukan secara online melalui smart phone,” terangnya.

Setelah itu pemohon tinggal datang ke kantor instansi terkait untuk melapor. Kemudian, ia pun sudah bisa mendapatkan legitimasi izin sesegera mungkin.

“Intinya, dengan mengurangi tatap muka langsung, kita bisa meminimalisasi deal-dela yang tidak baik,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here