PKB Sultra Peduli: Empat Kontainer Sembako Ludes Terdistribusi

Sekretaris DPW PKB Sultra, Irawaty Umar Tjong saat menyerahkan bantuan Sembako kepada warga penerima manfaat.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Sebanyak empat kontainer bantuan Sembako dari Muhaimin Iskandar tiba yang di Kantor Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Sultra, Jumat (15/52020) lalu telah ludes terdistribusi.

Hal itu diungkapkan langsung Ketua DPW PKB Sultra, Jaelani. Ia menerangkan, distribusi sembako tersebut merupakan program DPP PKB yang dipimpin Gus Muhaimin. Hal itu sebagai bentuk upaya penanganan jangka pendek dampak pandemi Covid-19.

Jaelani menjelaskan, pemerintah pusat dan daerah telah menerbitkan berbagai kebijakan yang salah satunya adalah penerapan pembatasan interaksi sosial antar warga masyarakat (social distancing dan physical distancing).

Menurutnya, penerapan kebijakan tersebut telah menimbulkan efek berantai. Khususnya terhadap perekonomian masyarakat yang selama ini mengandalkan perputaran ekonominya dari pertemuan fisik dan interaksi langsung antar masyarakat. Misalnya, seperti pedagang pasar, UMKM, transportasi publik dan sebagainya.

“Selain segmen di atas, penerapan social dan physical distancing juga berpengaruh pada karyawan-karyawan pabrik atau perusahaan yang terpaksa merumahkan dan atau mem-PHK karyawannya karena sepinya aktivitas perusahaan,” jelasnya.

Jaelani menyebut, antisipasi yang dilakukan pemerintah, melalui dana BPJS Ketenagakerjaan, kartu pra kerja dan lain-lain belum dapat menjangkau keseluruhan masyarakat yang terdampak. Terutama masyarakat ekonomi bawah yang berpenghasilan lepas harian.

Proses pendistribusian paket sembako ke daerah-daerah.

Untuk itu, DPP PKB hingga struktur di bawahnya, hadir dan turut berpartisipasi menanggulangi ekonomi masyarakat yang terdampak kebijakan penanganan pandemi Covid-19, khususnya yang belum dapat ter-cover oleh program pemerintah. Ia menyebut, bantuan ini juga untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat berupa makanan dan lauk pauk.

“Sasaran bantuan ini adalah masyarakat terdampak kebijakan penanggulangan Covid-19 dengan mengutamakan basis konstituen PKB, korban PHK, guru ngaji, guru madin, dan kiai kampung serta warga kurang mampu,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris DPW PKB Sultra Irawaty Umar Tjong juga mengungkapkan,
logistik itu jumlahnya kurang lebih 5 ribu paket. Terdiri atas, beras 10 Kg, gula 2 Kg, dan minyak goreng 2 Kg. Bantuan tersebut sudah diisi dalam paket dus dan telah didistribusi oleh pengurus DPC PKB di-17 kabupaten atau kota.

“Berdasarkan laporan yang masuk, pendistribusianya sudah terlaksana di-17 kabupaten kota se-Sultra,” imbuhnya.

Irawaty berharap, bantuan itu tepat sasaran dan dapat memenuhi kebutuhan pangan warga penerima manfaat. Ia juga berharap masyarakat untuk tetap bersabar menghadapi pandemi dan tetap selalu mengikuti anjuran-anjuran dari pemerintah.

“Semoga bantuan ini bisa dirasakan dan bisa mengurangi beban ekonomi warga yang menerimanya,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here