PKK dan Organisasi Perempuan Konawe Salurkan Paket Sembako di-12 Kelurahan

Ketua Tim Penggerak PKK Konawe, Titin Nurbaya Saranani (foto kanan) dan wakilnya, Cici Ita Ristianty (foto kiri) saat turun langsung melakukan pembagian paket sembako kepada warga.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupate Konawe dan sejumlah organisasi perempuan merespon cepat dampak dari penyebaran wabah Covid-19. Organisasi perempuan yang dinakhodai Titin Nurbaya Saranani itu langsung menginisiasi pengumpulan sembako dan membagikannya kepada masyarakat yang terdampak.

Istri Bupati Konawe itu mengatakan, inisiasi pengumpulan sembilan bahan pokok (sembako) tersebut dilakukan berkat kerjasama dengan ibu-ibu bhayangkari, adyaksa pengadilan serta ibu-ibu dharma wanita.

Titin didampingi ibu Sekda Konawe saat melakukan pembagian sembako.

“Pengumpulkan sembako terpusat di posko yang bertempat di kantor PKK Konawe. Paket yang terkumpul ini langsung kami bagikan ke-12 kelurahan di dalam Kota Unaaha,” ujarnya saat di temui di kantornya, Rabu (16/04/2020).

Titin menerangkan, penyaluran dalam Kota Unaaha dilakukan karena posisinya sebagai ibu kota dan paling banyak menerima dampak Covid-19. Mereka yang terdampak adalah para pekerja informal antara lain pedagang kaki lima, tukang ojek dan nenek-nenek penjual sayur.

“Jadi semua sembako yang terkumpul ini murni sumbangan dari ibu-ibu PKK dan organisasi perempuan lainnya di Konawe. Pemerintah sendiri bantuannya akan segera menyusul,” jelasnya.

Titin didampingi ibu Bhayangkari Polres Konawe saat pembagian sembako di rumah warga.

Anggota DPRD Sultra itu menerangkan, pihaknya sudah seminggu belakangan melakukan pengumpulan. Total paket yang terkumpul berjumlah 264 paket dengan rincian 5 kg beras, 1 kg gula, 10 bungkus mie instan dan 2 kaleng sardens.

Ia berharap pembagian tersebut, bisa membantu meringankan beban warga yang terdampak Covid-19. Walaupun ia tahu bahwa sumbangan itu tidak seberapa jumlahnya.

“Kami turut merasakan apa yang dialami para tukang ojek. Mereka keluar dari rumah mengojek, tapi belum tentu mendapatkan penumpang dengan keadaan sekarang yang sepi. Jadi otomatis tidak ada yang mereka bawa ke rumah,” tuturnya.

Titin yang juga turun langsung melakukan pembangian, mengimbau kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker jika beraktifitas di luar rumah. Pihaknya juga akan melakukan pembagian masker ke pasar-pasar.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Konawe, Cici Ita Ristianty bersama ibu dharma wanita saat melakukan pembagian sembako.

“Besok, (Kamis, 17 April 2020, red) PKK Konawe akan kembali akan membagikan masker di pasar-pasar. Misalnya di pasar Wawotobi. Sekaligus juga akan mensosialisasikan tentang pentingnya penggunaan masker,” pungkasnya.

Sebelumnya, Titin juga telah meminta kepada asosiasi camat se-Kabupaten Konawe untuk proaktif dalam menyedukasi warga tentang penggunaan masker dan pola hidup bersih. Ini kita lalukan agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Untuk diketahui juga, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Konawe, Cici Ita Ristianty melalui organisasi Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Konawe juga sudah menyisir desa-desa untuk melakukan pembagian sembako. Hal itu juga dilakukan di massa pamdemi Covid-19. Pembagian sembako oleh BKMT rutin dilakukan tiap pekan, tiap h

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here