Polres Konawe Amankan Pelaku Curanmor di Pondidaha, Lambuya dan Unaaha

Kasat Reskrim Polres Konawe, Iptu Husni Abda, SIK, Kaurbin Ops Reskrim, Iptu Asriadi dan Kanit I Reskrim, Ipda Deda Kresna.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Konawe kembali mengamankan dua pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Kasus tersebut diungkapkan dalam pers rilis, Kamis (30/6/2020).

Kapolres Konawe, AKBP Yudi Kristanto, SIK melalui Kasat Reskrim, Iptu Husni Abda, SIK menuturkan, pelaku Curanmor ada dua orang. Mereka adalah Sopian alias Pian (23) warga Bombana dan Rusdin Arman alias Ode (29) warga Konawe.

Kedua tersangka merupakan residivis yang mendapat keringanan masa tahanan lewat program asimilasi April 2020 lalu. Akan tetapi, sesaat setelah keluar dari tahan keduanya kembali melancarkan aksi Curanmor. Alhasil, dua pemuda itu pun kembali dibekuk aparat kepolisian.

“Penangkapannya, ada yang di Kolaka dan di Bombana,” ujar Husni.

Kedua pelaku melancarkan aksinya di tiga tempat berbeda. Masing-masing tempat kejadian perkaranya (TKP), yakni di Pondidaha, Unaaha dan Lambuya.

“Yamaha Mio TKP Pondidaha, MX King hitam (warna asli merah, red) di Lambuya dan MX King putih TKP Unaaha,” jelasnya.

Modus pelaku saat menjalankan aksinya adalah membawa lari kendaraan saat tidak sedang dikunci leher. Ada juga motor yang dicuri saat pemiliknya lupa mengambil kunci dari kendaraan saat diparkir.

Untuk tiga barang bukti (BB) saat diamankan, sudah pindah tangan. Ada yang telah ditada di Kolaka dan juga Bombana. Pelaku penada pun hingga saat ini masih dalam pengejaran.

“Kasusnya masih kita kembangkan untuk mencari tersangka lainnya,” pungkansya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku di ancam dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. Saat ini kedua pelaku sudah ditahan di Rutan Kelas II B Unaaha, Kecamatan Tongauna.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here