Rapat Paripurna HUT Konawe, Ardin Sebut Dewan Sukses Tuntaskan 66 Perda Inisiatif

Ketua DPRD Konawe, H. Ardin dan dua wakilnya, Rusdianto dan H. Alaudin saat berpose bersama Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan wakilnya Gusli Topan Sabara, serta Ibu Wakil Bupati, Cici Ita Ristianty (foto: Humas / TRIBUNKONAWE.COM)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Kabupaten Konawe, berlangsung khidmad, Minggu (3/3/2019).

Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Konawe, Dr. H. Ardin, S.Sos., M.Si., dan dua pimpinan lainnya, yakni Rusdianto, SE., MM. dan H. Alaudin, SH. Turut hadir 24 anggota dewan lainnya, serta pelaksana tugas Sekretaris Dewan, Sumanti, S.Sos.

Foto bersama pimpinan dan anggota DPRD Konawe bersama Bupati dan Wakil Bupati Konawe

Paripurna itu juga dihadiri langsung Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wakilnya, Gusli Topan Sabara, SE., MM. Turut hadir pula sejumlah sejumlah kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Konawe.

Pada kesempatan itu, Ardin menuturkan berdasarkan ketentuan perundang-undangan pimpinan DPRD Konawe berkewajiban untuk menyampaikan laporan kinerja DPRD. Terlebih menjelang berakhirnya periodesasi keanggotaan DPRD 2014-2019.

Foto bersama Sekretaris DPRD Konawe, Sumanti bersama staf sekretariat dewan.

Politisi PAN itu menerangkan, selama kurun waktu 2014-2019, dewan telah menetapkan 66 Peraturan Daerah (Perda) inisiatif DPRD Konawe. Semua Perda tersebut merupakan prioritas program pembentukan peraturan daerah.

“Pada pelaksanaan fungsi anggaran, DPRD telah melakukan pembahasan dan penetapan anggaran daerah serta telah melakukan upaya strategis untuk mempertahankan penghargaan dan prestasi pengelolaan keuangan dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” jelasnya.

Kemudian, untuk pelaksanaan fungsi pengawasan lanjut Ardin, hal tersebut umumnya menjadi sesuatu yang menonjol. Sebab, kerap bersangkut paut dengan masalah atau isu-isu aktual yang berkembang di masyarakat.

Suasana jelang rapat Paripurna HUT di DPRD Konawe.

“Pemberitaan tentang isu yang ada sudah banyak terberitakan di berbagai media massa. Baik dalam rapat paripurna maupun rapat alat kelengkapan dewan,” terangnya.

Ardin juga mengungkapkan, saat ini ekspektasi terhadap DPRD Konawe cukup baik di masyarakat. DPRD masih menjadi lembaga yang dipercaya dan dianggap tepat sebagai tempat menyampaikan aspirasi dan pengaduan.

Terkait pandangan dewan terhadap Pemda Konawe, Ardin menerangkan bahwa pemerintah daerah sudah berjalan di atas rel yang tepat. Di mana, pembangunan bukan hanya pembangunan fisik belaka. Tetapi juga dilaksanakan secara simultan dengan membangun jiwa dan mental splritual dari masyatakat Konawe.

“Kita ingin menciptakan masyarakat yang berkarakter dan mampu membangun kearifan lokal. Sehingga output-nya dapat mendorong percepacan pencapaian visi dan misi kepala daerah,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here