Resmikan Puskesmas Sampara, Gusli: Semoga Jadi Cikal Bakal RS Daerah

Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara saat meresmikan Puskesmas Sampara.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara meresmikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sampara, Senin (8/6/2020).

Prosesi pengguntingan pita dilakukan langsung oleh Gusli. Ia didampingi Sekretaris Dinkes Konawe, Syamsul, kepala Puskesmas Sampara, Suriani serta para tenaga medis dan staf.

Saat hendak menggunting pita peresmian, Gusli sempat menyampaikan bahasa penyemangat. Katanya, semoga Puskesmas Sampara tersebut menjadi cikal bakal lahirnya Rumah Sakit (RS) Tombili (saat Konawe Timur Laut mekar, red).

“Semoga jadi cikal bakal Rumah Sakit Tombili,” ujarnya. Gusli juga menyarankan agar nama Puskesmas dinamakan sesuai nama-nama tokoh setempat.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu langsung mengecek fasilitas Puskesmas. Ia melihat masih banyak fasilitas yang mesti dibenahi. Antara lain, halaman depan yang masih becek dan perlu di timbun. Pagar untuk kemanan Puskesmas.

“Nanti juga kita akan bangun rumah untuk dokter yang bertugas di sini,” tambahnya.

Lanjut Gusli, Pemda Konawe akan terus mendorong Puskesmas Sampara agar menjadi Puskesmas rujukan warga sekitar, sehingga warga tidak lagi ke Puskesmas Puuwatu, Kendari. Gusli juga akan mengupayakan agar Puskesmas itu bisa terakreditasi A.

“Makanya nanti, fasilitas dan pelayanan akan kita maksimalkan, karena posisi Puskesmas ini cukup strategis, karena masih ada di dalam kawasan terdekat industri di smelter di Morosi,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas, Suriani menerangkan, Puskesmas yang ia nahkoday melayani banyak hal. Diantaranya, posyandu, masalah gizi, malaria dan gigi.

“Untuk rawat inap, kami masih menunggu perbaikan fasilitas dulu. Sementara untuk perawatan gigi alatnya masih rusak, sehingga untuk sementara belum melayani,” tuturnya.

Terkait jumlah tenaga medis, Suriani merinci, Puskesmas Sampara punya bidan lebih dari 10 orang. Ada beberapa perawat, ahli gizi, farmasi dan dua dokter, yang masingmasing dokter umum dan gigi.

“Untuk fasilitas kamar, kita punya kamar IGD empat ranjang, kamar perawatan empat ranjang dan kamar bersalin dua rangjang,” pungkansya.

Untuk diketahui, Puskesmas Sampara dikerjakan oleh CV Putra Sampara anggaran 2019. Pembangunan Puskesmas menelan biaya hingga Rp4,5 M.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here