Sah, KPU Konsel Tetapkan Surunuddin-Rasyid Sebagai Bupati dan Wabup

Surunuddin Dangga dan Rasyid resmi ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan terpilih (foto: istimewa)

TRIBUN KONAWE: ANDOOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel) akhirnya menetapkan pasangan H. Surunuddin Dangga dan Rasid sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konsel, di Aula Wonua Monapa, Senin (22/2021). Penetapan itu dikeluarkan berdasarkan Keputusan KPU Nomor: 858/PL.02.6-Kpt/7405/KPU-Kab/XII/2020.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Sultra, PJ Bupati Konsel, Anggota Polda Sultra, Kapolres Konsel, Ketua Partai pengusung Surunuddin – Rasid, serta beberapa Kepala OPD Konsel.

Ketua KPU Provinsi Sultra, La Ode Abdul Natsir dalam Sambutanya, menyampaikan perjalan Pilkada konsel yang partisipasi jumlah wajib pilihnya sangat banyak, yakni 351 Desa dan 25 Kecamatan.

Suasana penetapan Bupati dan Wabup terpilih Konsel.

Ia juga mengungkapkan, di Pilkada Konsel sangat banyak mendapati kasus pelangaran admisistasi, khususnya di Kecamatan Laonti dan akan melakukan evaluasi ke depan

“Ada banyak pelanggaran dienam TPS di Kecamatan Laonti yang melakukan pelanggaran administrasi kita akan melakukan evluasi kedepan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan partisipasi Pilkada di tahun 2020 mengalami kenaikan yang sigknifikan. Hal itu diketahui dari hasil perolehan surat suara.

Sementara itu Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Konsel, Hasni mengatakan, Pilkada Konsel 2020 sudah berjalan dengan aman, tentram dan terintegritas

“Saya berterimakasih atas terselenggaranya Pilkada Konsel 2020 yang berjalan aman, tentram dan terintegritas,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, meskipun Pilkada Konsel sangat lama, tetapi pihaknya dapat ikut menjalankan Pilkada secara adil dan damai.

Sementara itu, Bupati terpilih, Surunuddin Dangga dalam sambutanya mengatakan, selama enam bulan hasil Pilkada Konsel tak ada kepastian. Hingga akhirnya, MK mengeluarkan keputusannya terkait sengketa Pilkada.

“Enam bulan Pilkada Konsel tanpa kepastian dan hari ini kita sudah mengetahui hasilnya,” ujarnya.

Bupati dua periode itu mengimbau, agar semua pihak bisa bersama dan bahu membahu dalam pemerintahannya di periode yang keduanya tersebut.

Laporan: Perliyansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here