Sambangi Stand Pameran, Kery-Gusli Dibuat Kagum Barang yang Dipajang

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan wakilnya, Gusli Topan Sabara saat menyambangi stand pameran (foto: Mas Jaya / Tribunkonawe.com)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Pembukaan Expo Konawe Gemilang ke-59 berlangsung meriah, Selasa malam (5/3/2019). Usai membuka acara, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara langsung menyambangi stand pameran

Saat meninjauh tempat pameran, Kery-Gusli didampingi oleh Ketua DPRD Konawe, H. Ardin dan Dandim 1417 Kendari, Letkol CPN Lutvi Haris Wijaya. Hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK Konawe, Titin Nurbaya Saranani dan Wakilnya, Cici Ita Ristianty.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat melihat-lihat barang hasil kerajinan tangan dari warga binaan Rutan Kelas II B Unaaha.

Stand pertama yang dikunjungi adalah stand milik Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Unaaha. Di sana Kery kagum melihat properti dan hiasan yang ditampilkan. Diantaranya patung Naga uang begitu cantik dan sofa yang terbuat dari drum bekas.

Kepada Kery dan Gusli serta pejabat lainnya, pemandu stand menjelaskan kalau semua barang-barang yang ditampilkan itu adalah buah tangan dari warga binaan Rutan.

“Bagus ini. Saya kira warga binaan memang harus dimanfaatkan potensinya dengan baik,” ujar Kery.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat berada distand Kecamatan Routa. Di sana ia melihat pajangan berupa hasil bumi dan benda peninggalan leluhur.

Sementara Gusli, sempat menunjukan kekagumannya saat bertandang ke stand pameran milik Kecamatan Routa. Di stand itu ditampilkan sejumlah barang-barang kuno peninggalan nenek moyang orang Konawe serta hasil-hasil Bumi Routa.

Perhatian Gusli sempat tertuju pada sebuah benda besar yang menyerupai batu yang ikut dipamerkan distand tersebut. Oleh pemandu stand, orang nomor dua di Konawe itu diberi tahu bahwa benda itu adalah Damar. Di routa sendiri katanya, punya potensi Damar cukup besar.

“Ini hasil alam dan Bumi di Routa ini luar biasa,” sanjung Gusli.

Ketua Tim Penggerak PKK Konawe, Titin Nurbaya Saranani saat menjelaskan tentang motif tenunan khas Tolaki.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Konawe, Titin Nurbaya Saranani yang juga sempat tercuri perhatiannya dengan barang di sebuah stand. Barang itu tiada lain adalah tenunan khas suku Tolaki.

Titin bahkan ikut menjelaskan kepada Dandim 1417 Kendari, Letkol CPN Lutvi Haris Wijaya, tentang motif khas Tolaki. Menurutnya, Konawe saat ini masih kekurangan monif yang diperkenalkan dan diaplikasikan ke pakaian.

“Nanti kita akan cari lagi motif-motif khas kita. Konawe ini kaya akan budaya sebenarnya,” terangnya kepada Danrem.

Setiap stand yang disambangi, Ketua Tim Penggerak PKK Konawe, Titin Nurbaya Saranani dan Wakilnya, Cici Ita Ristianty selalu menyempatkan diri untuk berswafoto bersama ibu-ibu PKK tingkat kecamatan.

Hal senada juga dilakukan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Konawe, Cici Ita Ristianty. Cici berkeliling stand barangan ketunya. Ia juga tampak aktif bertanya dan melihat satu per satu barang yang dipamerkan tiap stand.

Di setiap sesi kunjungan, Cici yang luput untuk menyempatkan berswafoto bersama ibu-ibu penjaga stand yang ia ikut kunjungi. (Adv)

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here