Sambuatan Wabup Konawe Pada Upacara Hardiknas: Tingkatkan SDM

Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara saat berpose bersama anak-anak TK peserta pawai budaya Hardiknas (foto: Mas Jaya / Tribunkonawe.com)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Pendidikan Basional (Hardiknas), di lapangan kantor Bupati Konawe, Kamis (2/5/2019).

Sejumlah jajaran turut hadir dalam seremoni tersebut. Mereka adalah Sekretaris Daerah Konawe, para kepala Organisasi Perangkat Daerah, sejumlah ASN, dan para pelajar.

Wabup Konawe saat memberikan beasiswa kepada siswa/siswi berprestasi.

Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara dalam sambutannya, membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mengatakan terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional. Hal itu seperti tertuang dalam Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pada pasal 13 menyebutkan, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Gusli menerangkan, tema Hardiknas 2019 adalah menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan. Tema tersebut kata Gusli, mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan. Sehingga nantinya dapat membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Suasana pawai budaya yang bernuansa adat Bali

Gusli juga mengajak kepada para hadirin agar melalui momentum Hardiknas tersebut dapat mengonsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkanp pada pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi. Sehingga ke depannya akan mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

“Atas nama pemerintah, izinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada Ibu dan bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya, yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, momen peringatan Hardiknas kali ini menjadi momen yang istidmewa. Usai upacara berlangsung, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pawai budaya. Ada pula atraksi tari dari anak-anak TK yang bahkan mampu menarik perhatian Wakil Bupati Konawe duduk dilesehan demi menyaksikan lebih dekat anak-anak Konawe. (Adv)

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here