Sekda Konawe Ungkap Alasan TPP Konawe Belum Dibayarkan

Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinan Sapan.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Tambahan Penghasilan Pegawai atau TPP di Kabupaten Konawe, hingga kini belum dibayarkan. Hal itu pun memantik pertanyaan banyak pihak, mengapa bisa demikian.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinan Sapan memberikan jawabannya. Jendral ASN Konawe itu menerangkan, ada beberapa hal dasar yang menjadi pertimbangan dalam pembayaran TPP.

Menurut Ferdi-demikian sapaan akrabnya-dalam ketentuannya pembayaran TPP disebutkan bahwa TPP dapat diberikan. Kata ‘dapat’ bisa diartikan bahwa TPP dapat diberikan, tetapi bisa juga tidak diberikan. Semuanya dikembalikan kepada Pemda masing-masing daerah, khususnya terkait kemampuan keuangan.

Kemudian lanjut Ferdi, saat ini daerah tengah memprioritaskan bagaimana meningkatkan pelayanan publik dan memantik pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, anggaran untuk pembayaran TPP Konawe tiap tahunnya jika diestimasikan bisa mencapai Rp30 M.

“Bayangkan kalau anggaran sebesar itu bisa kita pakai untuk meningkatkan pelayanan publik. Semisal, membangun irigasi, jalan usaha tani dan jembatan, itu dampaknya akan sangat terasa untuk masyarakat umum,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (22/3/2021).

Mantan kepala BPKAD Konawe itu juga mengungkapkan, hingga saat ini Pemda Konawe belum punya regulasi pembayaran TPP. Regulasi terkait penilaian beban kerja pegawai hingga saat ini belum direstui Kemenpan-RB, sehingga pihaknya bisa melakukan pembayaran TPP.

“Jangan sampai kita bayarkan TPP, tapi pegawainya nanti malas-masalan. Makanya regulasi beban kerja itu harus jelas,” jelasnya.

Meski demikian tambah Ferdi, Pemda suatu saat tetap akan membayarkan TPP Konawe. Hal itu akan dilakukan ketika regulasinya sudah ada dan indikator kepuasan atas pelayanan publik, serta pertumbuhan ekonomi Konawe sudah tercapai dengan baik.

“Saya ini pegawai, tentu sangat berharap agar TPP dibayarkan. Tetapi kita perlu mendahulukan kepentingan masyarakat luas,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here